Batu Bara-Asahan

WARGA BATUBARA APRESIASI TINDAKAN POLISI TEMBAK BANDAR NARKOBA

KETERANGAN FOTO : Drs. Hidayat Bachtiar salah seorang tokoh masyarakat di kabupaten Batubara, Kapolres Batubara AKBP. Robinson Simatupang dalam siaran pers penangkapan pelaku kasus Narkoba.

BATUBARA – Mitra Simalungun, Segenap warga setempat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pihak jajaran Kepolisian Polres Batubara yang dengan tegas menembak kaki seorang Bandar Narkoba sekaligus juga merupakan salah satu residivis yang selama ini kerap telah meresahkan banyak orang.

Kamis (9/8/2018) sekira pukul 10.00 wib, salah seorang tokoh masyarakat dan tokoh pemekaran Batubara Drs. Hidayat Bachtiar menyatakan bahwa baik secara pribadi maupun mewakili masyarakat, ia mengacungi jempol upaya pihak Kepolisian setempat dalam memerangi peredaran narkoba diwilayah kab. Batubara.

Lebih lanjut Hidayat Bachtiar yang akbrab dipanggil Bang Dayat mengatakan, berdasarkan informasi yang berhasil dirilisnya bahwa tindakan Polres Batubara terkini yang pantas diapersiasi adalah ketika tim Unit Reskrim Polsek Limapuluh bersama personil Satuan Reserse Narkoba Polres Batubara, berhasil menangkap dan menembak kaki seorang Bandar Narkoba pemilik sabu sebanyak 112,84 gram bernama Sopian Alias Puan warga Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Tiram beberapa hari lalu.

“Masyarakat sepantasnya memberi apresiasi atas kinerja pihak Kepolisian Batubara atas upaya memberantas narkoba, apalagi atas tindakan menembak para Bandar dan pengedar. Bila perlu tembak mati saja para perusak generasi bangsa itu”, bilang Bang Dayat menyarankan.

“Tapi sikap tegas yang dipertontonkan pihak Kepolisian Batubara hendaknya harus diikuti pula dengan langkah kongkrit sapu bersih barang haram tersebut dari bumi Batubara. Salah satu langkah kongkrit itu adalah secara transparan mau melaksanakan pemusnahan dihadapan publik seluruh barang bukti sabu-sabu yang telah berhasil ditangkap”, pintanya.

Selanjutnya diiungkapkan Bung Dayat bahwa berdasarkan catatannya, bahwa sejak Polres Batubara ada yaitu sejak tahun 2013, hanya baru sekali barang bukti sabu di musnahkan dengan cara diblender, itu pun cuma dimasa Kapolres Batubara dijabat oleh AKBP. JP Sinaga.

Sebelumnya secara terpisah yakni pada Rabu (8/8/2018) dalam gelar siaran pers Polres Batubara terkait penangkapan terhadap beberapa bandar ataupun pengedar narkoba selama dua pekan terakhir, kepada sejumlah awak media dijelaskan Kapolres Batubara AKBP. Robinson Simatupan bahwa pihaknya juga berhasil membekuk Sopian alias Pian seorang terduga bandar besar di Batubara.

“Tersangka Sopian adalah seorang residivis dengan kasus yang sama dan dengan jumlah barang bukti yang sama. Ia juga baru keluar dari Lapas Labuhan Ruku. Pelaku terpaksa ditembak. Sebab, saat dilakukan pengembangan, pelaku berusaha melarikan diri,” ungkap Kapolres saat didampingi Kasat Narkoba AKP Herry Tambunan.

Kemudian Kapolres mengatakan, dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku narkoba jenis sabu didapat dari seseorang birinisial R di Kota Tanjung Balai. Pelaku membeli sabu dengan harga Rp 149 juta dengan jumlah 200 gram atau seberat 2 ons.

“Sabu-sabu itu dibeli tersangka dari seseorang yang birinisial R di Kota Tanjung Balai dengan harga Rp. 149 juta. Total jumlahnya 2 ons. Tetapi yang berhasil kita amankan hanya seberat 112,84 gram. Sisanya sudah dijual. Selain itu, kita pun turut menyita uang sebesar Rp. 15 juta hasil dari hasil penjualan yang dilakukan tersangka,” ungkapnya.

Selanjutnya dalam kurun waktu 19 Juli – 8 Agustus 2018, Sat Reserse Narkoba Polres Batubara juga berhasil mengamankan 22 pelaku penyalahgunaan narkoba. 5 pelaku di antaranya dilumpuhkan (ditembak). Lalu dikatakannya pula, untuk memberantas peredaran narkoba, peranan seluruh masyarakat sangat dibutuhkan.

“Kedepan, untuk wilayah Batubara dan khususnya wilayah Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh akan kita bersihkan dari penyalahgunaan narkoba. Kita juga sudah kerjasama dengan tokoh masyarakat dan masyarakat untuk memberi pemahaman agar Desa Simpang Gambus bersih dari narkoba. Ini akan dilakukan terus menerus tanpa terputus, kita juga akan buat Pos Polisi,” imbuhnya. (BP1000).

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top