Sergai-Tebing Tinggi

Walikota Terima Kunjungan Audensi Consultan iMM 

Tebing Tinggi – Mitra Simalungun, Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan menerima kunjungan audensi Consultan Association for Internasional Manpower Devoloment of Medium and Small Enterpreses Japan (iMM) di rumah dinas Walikota Jalan Sutomo Tebing Tinggi, selasa (5/6).

Dalam audensi iMM Umaida dan Zulfan, Walikota didampingi Kadis Tenaga Kerja Ir Iboy Hutapea, Kadis Pendidikan H.Pardamean Siregar, Kabag Perekonomian Zahidin, Kabag Umum H.Fahmuddin dan Kabag Humas PP H.Abdul Halim Purba.

Kepada Walikota Tebing Tinggi, Kabag Humas PP Abdul Halim Purba menjelaskan bahwa Consulltan iMM ingin menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Dinas Tenaga Kerja untuk pelatihan tenaga kerja dari Tebing Tinggi sebanyak 20 orang yang nantinya setelah dilatih akan diperkerjakan pada perusahan di Jepang.

Ada 2 bentuk kerjasama pelatihan yang ditawarkan yakni khusus yang belajar bahasa Jepang, pelatihan tenaga terampil teknik khusus pada bidang komputer dan tenaga skill lainya seperti cheps dan robotik, namun kunci utamanya harus bisa berbahasa Jepang, ungkap Kabag Humas

Selain itu, Consulltan iMM juga menawarkan kerjasama tentang kerjasama antar kota (Ichikawa) atau Sister City antara Kota Tebing Tinggi dengan salah satu Kota di Jepang.

Kerjasama antar kota ini nantinya secara menyeluruh apa yang bisa dilakukan khususnya di bidang perekonomian kualitas tenaga kerja, imbuhnya.

Atas penawaran kerjasama ini H.Halim Purba menjelaskan Walikota H.UmarZunaidi memberikan respon positif dan menyambut baik dengan harapan akan dapat membantu tenaga kerja asala Tebing Tinggi yang berkualitas dan dapat bekerja di Jepang.

Untuk itu Walikota perintahkan untuk segera membuat profil Kota Tebing Tinggi dalam bahasa Inggris agar lebih mudah dipelajari oleh iMM, khususnya dibidang ketenaga kerjaan dan pendidikan (bea siswa) dan diharapkan Pemko Tebing Tinggi dapat diundang ke Jepang untuk melakukan studi banding.

Disampaikan Walikota, hal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Tebing Tinggi untuk memberdayakan tenaga kerja yang profesional asal Kota Tebing Tinggi, khususnya dikalangan generasi muda.|| Rey.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top