Sumut

Walikota Letakkan Batu Pertama TPS 3 R Cahaya Mentos

Tebingtinggi – Mitra Simalungun, Walikota Tebing Tinggi  Ir H. Umar Zunaidi Hasibuan meletakkan batu pertama pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R Cahaya Mentos Kota Tebing Tinggi  di Jalan Gunung Arjuna Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan, Jum’at (7/9).

Walikota Tebing Tinggi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PU Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat PPLP yang telah memberikan dan mempercayakan untuk membangun satu TPS3R .

Kita harus bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat, lahannya disiapkan oleh  masyarakat dan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, contohya Ibu Siti Ramlah yang telah menghibakan tanahnya dan ini merupakan satu kesatuan, satu memberi tanah dan satu memberikan dana yang membuat pembangunan ini bisa terlaksana, imbuhnya.

Saat ini, lanjut Walikota, asumsi Pemerintah bahwa setiap orang itu memperoduk 7 ons sampah per hari dan bila kita kalikan dengan jumlah penduduk masyarakat Kota Tebing Tinggi saat ini yaitu sekitar 120 ton produksi sampah setiap harinya. Untuk itu, kepada masyarakat harus melakukan pengurangan dan penanggulangan sampah.

Pemerintah Pusat telah memberikan target kepada kota-kota yang ada di Indonesia 30% dari sampah itu harus bisa dikurangi dan tidak masuk ketempat pembuangan TPA yaitu harus bisa kita proses dengan sistem TPS 3R atau bisa kita kurangi mulai dari rumah tangga masing-masing, ucap Walikota.

Ditegaskan oleh Walikota, bahwa sampah ini sangat penting untuk kita kelola, sampah bisa dijadikan sumber pendapatan menambah perekonomian keluarga  kalau benar-benar mau mengelolanya secara baik. Selain sampah dapat ditanggulangi, penghijauan juga telah dilakukan dimana tanaman-tanaman obat dan tanaman bermanfaat yang bisa menghasilkan nilai ekonomis, yang ditanam pada tanah yang kosong tidak dimanfaatkan.

Kegiatan diakhiri dengan penandatangan berita acara serah terima 2 unit truk sampah dan 5 unit becak motor Viar oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi M.Idham kepada Plt. Kadis Perumahan, Pemukiman dan kebersihan  Zubir Husni Harahap yang disaksikan Walikota dan Kepala BPKPAD Jefri Sembiring. Selain itu juga dilakukan penyerahan piagam  penghargaan dari Pemerintah Kota Tebing Tinggi kepada ibu Siti Ramlah yang telah menghibakan tanahnya untuk pembangunan program TPS3R  Cahaya Mentos Kota Tebing Tinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut unsur FKPD, para pimpinan OPD, Satker PPLP dan para tokoh mayarakat dan tokoh agama dan para pencinta lingkungan.|| Rey.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top