Simalungun-Siantar

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pengajian dan Sunat Masal Yang Dilaksanakan IKEIS

Mitra Simalungun, Keluarga Besar Islam Simalungun (IKEIS) melaksanakan kegiatan pengajian dan sunat masal dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1438 H bertempat di kantor sekretariat IKEIS jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Sabtu, 20/05/2017.

Photo: Wakil Bupati Berikan Bingkisan Tali Asih kepada Peserta Sunat Rasul

Photo: Wakil Bupati Berikan Bingkisan Tali Asih kepada Peserta Sunat Rasul

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi bersama istri, Ketua umum IKEIS Dr Ahmad Anton Saragih, sejumlah Pimpinan SKPD di jajaran Pemkab SImalungun, Camat Siantar, para pengurus IKEIS Kabupaten Simalungun, pimpinan pondok pesantren, mewakili kakankemenag, tokoh agama dan para orang tua peserta sunat masal.

Menurut Dr Ahmad Anton Saragih selaku ketua umum IKEIS Kabupaten Simalungun dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pengajian yang dilaksanakan IKEIS merupakan program rutin setiap bulan. namun dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan kegiatan pengajian dirangkaikan dengan pelaksanaan sunat masal yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Simalungun.

Dikatakan, pelaksanaan kegiatan sunat masal merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh IKEIS. Awalnya diperkirakan jumlah peserta sunat masal sebanyak 50 orang namun dalam pelaksanaannya mencapai 69 orang. ”Alhamdulillah semoga apa yang kita laksanakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan di ridhoi oleh Allah SWT,”katanya.

Kegiatan sunat masal ini, terus akan dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat. Untuk itu, Anton mengajak segenap keanggoataan IKEIS untuk lebih banyak berperan dalam membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan. “Yakinlah semakin banyak kita melaksanakan kebaikan, pasti kita akan lebih baik dan Allah akan membawa kita kearah kebaikan dimasa yang akan datang. Semoga IKEIS ini semakin baik dan bermafaat bagi masyarakat,”tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat menyambut baik kegiatan sunat masal yang dilaksanakan oleh IKEIS. Hal ini membuktikan bahwa hubungan Pemkab Simalungun dengan IKEIS terjalin cukup baik. “Terima kasih kepada IKEIS yang telah melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi umat Islam di Kabupaten Simalungun,”katanya.

Wakil Bupati berharap kegiatan sunat masal tersebut dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan tidak hanya di satu lokasi saja, namun dilaksanakan di kecamatan-kecamatan, sehingga IKEIS dapat dikenal oleh masyarakat dan ada dimana-mana. “Kalau boleh kegiatan sunat masal ini kita laksanakan dua kali setahun,”ujar Wakil Bupati yang juga salah seorang unsur ketua di IKEIS.

Disisi lain, Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun pada bulan Ramadhan tahun 2017 akan melaksanakan Safari Ramadhan yakni mengunjungi 200 mesjid di Kabupaten Simalungun. Hal ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mengunjungi 100 mesjid.

Selain melaksanakan safari ramadhan, Wakil Bupati mengatakan, Tin Safari Pemkab Simalungun juga akan memberikan bantuan dana ke setiap mesjid yang di kunjungi. “Selain mengujungi mesjid oleh Tim Safari Ramadhan, Pemkab Simalungun juga akan melaksanakan buka puasa bersama dengan masyarakat di 7 titik lokasi, yang dijadwalkan di Bosar Maligas, Tanah Jawa, Raya Kahean, Pematang Bandar, tiga Balata dan yang paling besar/akbar untuk pelaksanaan buka puasa bersama ini akan dilaksanakan di Mesjid Asy-Syuhada Korem 022/PT,”paparnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati berharap kepada masyarakat untuk dapat mengikuti kegiatan buka puasa bersama antara pemerintah dan masyarakat, terutama pada pelaksanaan buka puasa akbar, karena didalam kegiatan ini akan diadakan dorprice dengan hadiah lembu, kambing dan beras. “Dalam buka puasa akbar ini kita juga akan hadirkan penceramah dari Surabaya. Mari kita laksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tahun ini, dan semoga ibadah puasa kita nantinya menjadi ibadah yang di ridhaoi oleh Allah SWT,”ujarnya.

Kepada anak-anak yang baru disunat diharapak untuk tetap giat belajar dan beribadah sehingga kelak dapat mengjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan beriman. “Kalian nantinya yang akan menggati para pemimpin saat ini. Giat lah belajar dan jangan lupa beribadah agar menjadi orang yang berhasil di hari kemudian,”kata Wakil Bupati.

Kegiatan pengajian dan sunat masal yang dilaksanakan IKEIS diakhiri dengan tausya yang disampaikan oleh Al-Ustadz Drs Syaifuddin Sagala dan pemberian bingkisan dan tali asih kepada para peserta sunat rasul.| Kominfo Pemkab Simalungun.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top