Sergai-Tebing Tinggi

Upacara dan Pameran Pembangunan Warnai Hari Jadi Sergai Ke-14 Tahun 2018

Sei Rampah – Mitra Simalungun, Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Sabtu (6/1)  memadati lapangan SMAN 1 Sei Rampah untuk melaksanakan upacara dalam rangka  memperingati Hari Jadi Kabupaten Sergai Ke-14 yang jatuh pada tanggal 7 Januari 2018.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan Komandan Upacara (Paup) Drs. Akmal Koto, M.Si. Turut hadir dalam upacara tersebut Kapolres Sergai AKBP Nicolas Ary Lilipaly,SIK MH,MSi,Dandim 0204/DS Letkol Arm. Asep Hendra Budiana, Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Wabup Sergai Darma Wijaya, Kakan Kemenag Sergai DR. H. Syafii, MA, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, para Kepala OPD, Camat, ribuar ASN serta masyarakat berprestasi.

Dalam sambutannya dihadapan peserta upacara, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa pada peringatan hari jadi dengan mengusung tema “ Dengan Semangat Hari Jadi ke-14 Kita Tingkatkan Perekonomian Desa”.

Hal ini tentu saja bukan hanya sekedar tema yang tertulis dalam hari jadi, tetapi tema ini menjadi ajakan dan tekad kita untuk dapat bertindak dan bereaksi nyata untuk meningkatkan perekonomian desa yang ada di Sergai.

Tema ini juga menjadi motivasi kita dalam melaksanakan pembangunan yang berkeadilan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Terkait dengan tema hari jadi Sergai ke-14, Bupati berharap kedepannya untuk lebih meningkatkan perekonomian khususnya di desa hingga dapat sejajar dengan perekonomian kota sehingga terjadi kesetaraan yang berkeadilan sesuai dengan amanat UUD 1945 diantaranya melalui berbagai strategi untuk meningkatkan perekonomian desa, kata Bupati.

Disampaikan Bupati bahwa ada empat strategi yang perlu dilakukan yaitu pertama, peningkatan kualitas SDM di pedesaan melalui berbagai kegiatan pelatihan masyarakat seperti diklat maupim bimtek disegala bidang.

Kedua, Strategi pemberdayaan masyarakat yang harus ditujukan pada kelompok atau lapisan masyarakat yang tertinggal, ketiga strategi pemberdayaan potensi desa yang sinergi.

Hal ini perlu dilakukan secara berkelanjutan dengan memotret potensi yang sudah dimiliki dan bisa untuk dikembangkan terus dan keempat strategi pengembangan agroindustri di pedesaan, ungkapnya.

Kemudian Bupati menambahkan bahwa pembangunan desa yang bertujuan untuk memajukan perekonomian bangsa yaitu Undang – Undang (UU) Desa.

Pada perkembangannya dikeluarkan regulasi yang mendukung UU Desa yaitu PP Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa.

Peraturan ini mengatur bahwa desa yang sekarang sudah bisa aktif turut membangun.

Usai melaksanakan upacara, diserahkan beberapa penghargaan kepada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), ASN berprestasi, pemenang kegiatan apresiasi P3A, dan pemberian penghargaan kepada pemenang loma menulis esai Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai ke 14 untuk kategori wartawan yaitu juara I diraih oleh Darmawan ST, juara II Budi Wijaya, juara III Mukhlis Siregar, juaran harapan I Anwar Efendi Siregar, juara harapan II Badrul Helmi dan juara harapan III Ali Amran.

Sedangkan untuk kategori Umum juara I diraih oleh Fitri Yusmawita, juara II Eva Syahfitri Nasution, juara III Fifin Chahyani, juara harapan I Ahmad Muhazir, juara harapan II Suwadi dan juara harapan III Dedi Idris Harahap.

Pembukaan Pameran Pembangunan

Pada siang harinya bertempat di lapangan Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan digelar pameran pembangunan dan pawai produk unggulan dari berbagai daerah se-Sergai.

Terdapat 74 stand pameran dari beberapa OPD Sergai, BUMN, RSUD Sultan Sulaiman , BPJS, Perbankan, Universitas serta stand UKM yang diisi dengan berbagai produk asal Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Pameran pembangunan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir.H. Soekirman turut dihadiri unsur Forkopimda, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Hj. Drg. Khairani Hadi Winarno, Kepala OPD, Camat dan TP PKK Kecamatan, Kades serta masyarakat dari berbagai desa se-Sergai yang membawa produk unggulan daerahnya.

Sebelum pameran dibuka terlebih dahulu digelar pawai produk unggulan.

Kegiatan ini juga berlangsung selama empat hari mulai tanggal 6 s/d 9 Januari 2018. Usai membuka pameran, Bupati meninjau stand yang memajang produk-produk unggulannya.

Anjangsana dibeberapa Panti Asuhan

Sehari sebelumnya, Jum,at (5/1) dilaksanakan kegiatan anjangsana berupa penyerahan tali asih kepada beberapa Panti Asuhan.  Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman mendatangai Panti An Nur Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu. Kemudian Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya mendatangi Panti Zakiyun Najah yang ada di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah,sedangkan Ketua DWP Ny. Hj. Drg. Khairani Hadi Winarno mendatangi Yayasan Mahadi Desa Pematang Cermai Kecamatan Tanjung Beringin. Adapun tali asih yang diberikan berupa beras,mie instan dan uang tunai. (Gabe).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top