OPINI KITA

TITIK TERENDAH DALAM HIDUP

Rekan Mitra yang Mulia 🙏

Red : Sebenarnya, kita bisa lebih kuat. Dari apa yang kini kita fikirkan 🙏

Saat kita merasa sedih dan kecewa ketika sesuatu yang buruk datang menghampiri hidup kita.

Sedih karena menghadapi sesuatu yang buruk itu melelahkan, menyebalkan, dan kadang membuat kita frustasi.

Dan makin sedih, karena pikiran kita seperti orang-orang pada umumnya cuman pengin hidup yang isinya bahagia.

Kenyataan dialami, kebahagiaan setiap saat adalah sesuatu yang mustahil.

Mengapa Risau…???

Kita berpikir kalau hidup yang baik adalah hidup yang isinya hal-hal positif doang. Nyatanya, kesedihan itu juga bagian dari kehidupan. Kita semua, saya dan kamu, pasti akan merasakan kesedihan.

Ketika giliran kita merasakan sedih, kadang kita nggak tahu apa yang membuat kita sedih. Tiba-tiba sedih aja gitu, 😁.

Kalau sedih yang jelas penyebabnya, misalnya putus, berantem sama teman.

Namun, sedih yang nggak jelas alasannya seringkali berkelanjutan. Kemudian, yang terjadi diri kita sendiri berpikir sangat keras, lalu diselimuti perasaan dan pikiran negatif, sebagian orang dimanifestasikan dalam tindakan-tindakan brutal dan tidak rasional seperti menyakiti diri sendiri.

Titik inilah yang sering disebut orang sebagai TITIK TERENDAH dalam hidup.

Dunia terasa jungkir balik. Satu-satunya perasaan yang bisa kita rasakan hanyalah perasaan negatif seperti sedih, gelisah, juga kehilangan energi dan motivasi.

Satu hal yang nggak kita tahu, fase ini dialami oleh semua orang, iya semua orang. Cuman, mereka, sama seperti kamu, nggak banyak cerita tentang hal ini.

Meskipun penyebab sedihnya beda, tapi yang harus kita pahami adalah nggak ada yang namanya tingkat kesedihan. Tidak ada sedih yang lebih berat atau lebih ringan. Namanya sedih, apa pun penyebabnya ya sedih aja.

Kalau kamu tahu ada orang yang lagi sedih, jangan ikut-ikutan membandingkan kesedihan orang itu dengan apa yang sudah kamu lalui sebelumnya. Cukup berempati, jangan balap-balapan untuk lihat siapa yang lebih menderita. Artinya Sedih kok dibanggakan, 😁.

Tapi, yang harus kita ingat adalah, perasaan sedih ini nggak akan bertahan selamanya. Dan cepat atau lambat kita akan bisa melewati itu semua.

Karena ketika ada di titik terendah dalam hidup ini, kita nggak butuh motivasi.

Rekan Mitra 🙏

Apa yang harus dilakukan..???

Sebagian orang, memilih tidur. Jawaban bagi semua masalah yang sedang dihadapi. Saat berada di titk terendah dalam hidup mereka, orang-orang ini bisa hibernasi, tidur sampai berbelas-belas jam sambil berharap bangun-bangun beban masalahnya bisa hilang.

Saat bangun, nggak langsung hilang sih. Yang ada malah bangun-bangun bengong, pusing dan kelaparan.😁

Tapi ya nggak apa-apa. Biasanya setelah tidur panjang ini mereka akan merasa lebih baikan.

~ Nangis

Sekuat-kuatnya orang, kalau lagi ada di titik terendah dalam hidupnya, dia akan menangis. Karena air mata adalah respon otomatis yang muncul dari tubuh kita ketika dalam keadaan tertekan atau terluka. Menangis, tubuh kita melepaskan hormon stress makanya kita bakal merasa lebih lega setelah menangis seharian atau menangis sampai ketiduran.😁

~ Menyendiri.

Ketika berada di titik terendah dalam hidup, biasanya menghindari bertemu orang lain. Alasannya sederhana, kita nggak pengin orang lain tahu kalau sebenarnya kita ” berantakan “. Akan lebih suka menarik diri, untuk berkontemplasi dan memikirkan kenapa kita bersedih, dan bagaimana cara kita menghadapi kesedihan itu, ujung-ujungnya berakhir dengan tindakan membenci diri sendiri, dan merasa tidak berguna.

Ternyata bukan kamu saja yang merasa seperti itu, semua orang juga sama-sama suka merasa tidak berguna.

Ketika ada yang berusaha melawan secara berfase, tentang apa yang bikin dia bersedih, ada juga yang memilih untuk mencari pengalihan supaya nggak terus menerus mikirin kesedihan.

~ Kabur.

Ada kalanya kita membutuhkan suasana baru untuk menyegarkan pikiran kita yang kusut. Salah satu cara untuk menemukan suasana baru adalah dengan memutuskan untuk pergi ke suatu tempat yang jauh.

Gak harus jauh amat, kalau nggak punya uang.😀

Cukup bermotoran, atau jalan kaki, muter-muter, bisa sambil nangis, bisa sambil nyanyi, atau bahkan teriak-teriak. Setelah kita capek, biasanya kita akan merasa lebih baikan.

Ada beberapa orang yang mencoba melakukan hal yang nggak pernah mereka lakukan sebelumnya. Ngerokok, atau minum-minuman beralkohol.

Bagi mereka, melakukan hal kayak gini adalah salah satu usaha mencari perhatian atau pertolongan dari orang-orang di sekitar mereka.

~ Curhat.

Mendatangi orang-orang terdekat juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan suntikan energi, atau bahkan pertolongan. Kadang yang kita butuhkan memang hanya kehadiran orang lain untuk meyakinkan kita bahwa kita nggak sendirian dan banyak sekali orang yang menyayangi dan peduli akan kehidupan kita.

~ Melakukan Kebaikan.

Banyak orang melawan kesedihan dengan berusaha membuat orang lain bahagia dengan harapan bisa kecipratan kebahagiaan mereka.😁

Melakukan kebaikan ke orang lain bisa jadi cara positif untuk melawan kesedihan, karena bisa membuat kita merasa sedikit berguna dan merasa tidak terlalu buruk dengan hidup kita.

Kalau ada lagi di titik ini, ingatlah, seberat apa pun masalah yang sedang kita hadapi, kalau kita lihat ke belakang, kita pernah melewati masalah-masalah lain berkali-kali, dan kita masih tetap hidup sampai saat ini, ternyata kita memang lebih kuat dari apa yang kita pikirkan.

Tetap semangat 💪💪

~ Mitra Simalungun ~

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top