Batu Bara-Asahan

Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2019, Bawaslu Batubara Gelar Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Batubara | Mitra SimalungunPemilu serentak dalam rangka agar Rakyat memilih calon anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu Presiden/Wakil Presiden tahun 2019 hanya tinggal menghitung hari.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh penyelenggara Pemilu guna menggugah masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS (Tempat Pemungutan Suata) pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

Tak ketinggalan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batubara sebagai salah satu unsur penyelenggara, memandang sangat perlu menggugah calon pemilih terlebih kaum millenial yang notabene adalah merupakan kelompok pemilih pemula “The beginner voter group”.

Terkait akan hal ini, Allen Sitohang, S. Si selaku Koordinator Divisi Pengawasan (Bawaslu -red) bersama Ketua Bawaslu Kabupaten Batubara Ade Sutoyo SE, pada siaran pers dikantornya di desa Sumber Padi, kecamatan Limpauluh, Senin (08/04/2019) mengungkapkan, Bawaslu Kabupaten Batubara hingga saat ini telah pun menggelar beragam sosialisasi terutama khusus pada segmen pemilih pemula, dan kegiatan terakhir Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia tersebut bertemakan, “Pendidikan politik guna meningkatkan peran dan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2019”.

Dikatakan Allen bahwa jadwal acara terakhir sosialisasi semacam itu telah dilaksanakan oleh pihaknya pada Jumat, 4 April 2019 lalu, bertempat di Aula Singapore Land Desa Perjuangan Kecamatan Sei Balai, dihadiri oleh sekitar 300-an siswa siswi setingkat SMA/SMK se-kabupaten Batubara.

Sedang pesertanya pun memang dikhususkan bagi kaum millenial yang umumnya merupakan pemilih pemula, demikian pula terhadap Purnawirawan TNI maupun Purnawirawan Polri yang baru saja memasuki masa pensiun (kategori pemilih pemula), telah pula lebih dulu dilaksanakan. Sebagaimana kegiatan yang sama sudah juga dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur pengurus OKP, Ormas maupun LSM se-kabupaten Batubara.

Ditambahkan Allen bahwa kegiatan seperti itu sengaja digelar dalam bentuk pemaparan narasumber yang berkaitan dan telah sesuai dengan tema acara, diskusi maupun tanya jawab, serta sharing informasi baik seputar pengawasan pelaksanaan Pileg maupun Pilpres.

Selanjutnya dalam kesempatan kali ini, turut disampaikan Allen masalah penyebaran berita hoax terutama yang terkait dengan pelaksanaan Pemilu agar masyarakat lebih bijak menyaring sebelum kemudian menyebarkan konten yang diterima.

Sebagai Koordinator Divisi Pengawasan Allen berharap agar masyarakat membuka diri dan berperan aktif memberikan informasi sesuai theme line atau slogan Bawaslu yaitu, “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan”.

Lebih lanjut Allen memberi himbauan, disaat menemukan dugaan pelanggaran Pemilu agar masyarakat segera menyampaikannya dalam bentuk laporan ke Bawaslu dengan lebih dulu melengkapi persyaratan antara lain WNI (Warga Negara Indonesia -red) dan terdaftar sebagai pemilih, melampirkan identitas pelapor dan bukti-bukti dugaan pelanggaran seperti foto atau video maupun dokumen lain guna mendukung kelengkapan laporan tersebut.|| BPS.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top