Hukum-Kriminal

TEAM OPSNAL UNIT RESKRIM POLSEK PERBAUNGAN TANGKAP BANDAR NARKOBA SABU DAN GANJA

PERBAUNGAN – MITRA SIMALUNGUN, Team Opsnal Unit Reskrim Polsek Perbaungan melakukan penangkapan terhadap 1 (satu) orang Laki-laki dewasa, karena telah melakukan Tindak Pidana ” Penyalah Gunaan diduga Narkotika Gol 1 Tanpa Hak / melawan hukum menawarkan untuk di jual, menjual, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkoba untuk dijual yang patut diduga jenis shabu dan daun ganja kering (bandar narkoba), sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 (1) subs pasal 112 (1) dari UU No.35 tahun 2009 tentang narkotika berdasarkan laporan polisi model ” A “, di Link. Tempel Kel. Simpang III Pekan Perbaungan Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai (tepatnya di samping rumah pak ibur Mandor Bus Makmur depan rumah Edmond kampung tempel, Sabtu (03 Agustus 2018), sekira pukul 23.30 Wib.

Informasi dihimpun, Pada Hari Jumat (03 Agustus 2018), sekira pukul 23.30 wib, Team Opsnal Reskrim Polsek Perbaungan, sudah 2 ( dua ) minggu lebih mendapat Laporan dari warga masyarakat, dan juga pihak kelurahan melalui seluler ( sms ) maupun Media Sosial lainnya ( TMC Polres Sergai ), yang isinya mengatakan bahwa di Lingkungan Tempel Kel. Simpang III Pekan Perbaungan (Kampung Tempel), tepatnya di Simpang Rumah pak IBUR Mandor Makmur, yang mengatakan, peredaran narkoba sudah sangat meresahkan warga masyarakat setempat, karena sudah sangat sering terjadi transaksi narkoba jenis shabu di tempat tersebut, dengan terang terangan, yang dilakukan oleh warga setempat yang berinisial EL, seperti menjual kacang goreng, ujar para warga di Media Sosial maupun Laporan langsung ke Hand Phone Kanit Reskrim Polsek Perbaugan IPDA M.TAMBUNAN, SH.

Untuk merespon laporan pengaduan dari masyarakat tersebut Kemudian Kanit Reskrim melaporkan kepada Kapolsek Perbaungan AKP ILHAM HARAHAP, SH, MH. dan Kapolsek memerintahkan Kanit Reskrim untuk melakukan penindakan, kemudian Team Opsnal dibawah Pimpinan Kanit Reskrim IPDA .TAMBUNAN, SH. bergerak ke Lingkungan Tempel Kel. Simpang III Pekan Perbaunga Kec. Pegajahan.

Menurut Kapolsek Perbaungan AKP. ILHAM HARAHAP, SH MH, menerangkan bahwa,” Berdasarkan laporan dari masyarakat yang layak dipercaya, bahwa pelaku sedang berada di TKP, dan melakukan aktifitas menjual shabu, mendapat infomasi keberadaan pelaku, kemudian Team Opsnal bergerak masuk menuju TKP, dan berhasil menangkap pelaku, dan berhasil mengamankan barang bukti berupa shabu yang diletakkan di dalam dompet kecil, dan di dalamnya juga terdapat 1 ( satu ) bungkus kecil daun ganja kering yang di sita dari pelaku,” ujar Ilham Harahap.

” Setelah ditanya dari mana pelaku mendapatkan barang haram tersebut, pelaku dengan berterus terang mengakui bahwa shabu tersebut di peroleh dari teman pelaku yang dikenal bernama IYAN Alias IAN, yang setahu pelaku tinggal di Lubuk Pakam Deli Serdang, sedangkan Daun Ganja Kering diperoleh dari pelaku ZF Alias JURAGAN yang beralamat di Linkungan Tempel Kel. Simpang III Perbaungan, dan dengan berterus terang bahwa, pelaku memang benar menjual Narkoba kepada warga setempat maupun pemakai dari luar lingkungan tempel,” tukasnya.

” Kemudian berdasarkan pengakuan dari pelaku yang setelah di lakukan interogasi dari mana pelaku menadapatkan Shabu tersebut dilakukan pengembangan terhadap IYAN Alias IAN di seputaran Kampung Tempel, namun tidak menemukan pelaku dan ditanyakan kembali dimana keberadaan rumah pelaku di Pakam, pelaku mengakui bahwa barang haram tersebut di terimanya selalu di Kampung Tempel, kemudian pelaku baru menjualkan kembali kepada warga setempat maupun masyarakat yang datang dari luar kampung tempel untuk membeli shabu tersebut,” jelasnya lagi.

Kemudian dilakukan pengembangan terhadap pelaku ZF Alias JURAGAN yang beralamat di Gg. Mesjid Kel. Simpg III Pekan, dan setelah sampai di rumah pelaku, pelaku tidak berada di dalam rumahnya, kemudian dilakukan pemanggilan terhadap kepling Linkungan Tempel, dan disaksikan oleh Kepala Lingkungan pada saat dilakukan penggeledahan rungan/rumah tepatnya di sudut dapur sebelah kanan, ditemukan bungkusan plastik asoy dari dalam lubang yang sudah dibentuk pelaku, yang setelah dibuka di dalamnya berisikan “Daun Ganja Kering” dan lintingan bungkus kecil di dalam plastik yang juga berisikan daun ganja kering, kemudian Barang Bukti Daun Ganja yang ditemukan dari dalam rumah pelaku JURAGAN, diperlihatkan kepada Kepala Lingkungan dan kemudian Pelaku dan Barang Bukti tersebut diamankan ke Komando Polsek Perbaungan, agar pelaku dapat di Hukum sesuai dengan Hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia,” tandasnya.|| ds_red.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top