Desa Kita

SYUKURAN TURUN BENIH DI NAGORI PURBAGANDA MENJADI RUTINITAS WARGA

PEMATANG BANDAR | Mitra Simalungun – Syukuran turun benih atau yang sering disebut warga bersih desa, sudah menjadi kegiatan rutin Warga masyarakat Nagori Purbaganda.

Kegiatan digelar pada kamis (28/2) dibalai Harungguan Nagori Purbaganda. Hadir dalam kegiatan tersebut Juraini Purba SE, Msi, Nasihadi SP Pangulu Nagori Purbaganda, agus Edi Santoso PPL, Maujana, LPM, P3A, para Kelompok Tani, para calon peserta Pemilu dari berbagai daerah bahkn Caleg DPRRI Djarot, serta Masyarakat Nagori Purbaganda.

Dalam laporannya Nasep Suhendra selaku Ketua Panitia mengatakan, “Kami segenap Panitia mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Nagori Purbaganda dan seluruh donatur yg tlh membantu kami dalam pelaksanaan kegiatan syukuran dan tepung tawar benih yang sudah menjadi rutunitas dan tradisi di Nagori kita ini, untuk itu mari kita lestarikan tradisi ini semoga dgn acara seperti ini, panen kita akan jauh lebih baik ditahun mendatang”.
Jelas Nasep dalam laporannya.
Nasihadi SP Pangulu Nagori Purbaganda dalam sambutannya mengatakan, “Selaku Pemerintahan Nagori, kami tetap mendukung kegiatan syukuran turun benih, yang sudah menjadi tradisi di Nagori Purbaganda ini sejak dulu, dimana tujuannya menyampaikan syukur atas panen yang diberikan oleh Allah SWT, dengan menggelar pagelaran wayang kulit semalaman suntuk.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat marilah tetap bekerja sama dalam meningkatkan hasil panen dengan melakukan cocok tanam serentak sesuai jadwal yang sudah disepakati dalam rapat P2T3”. Ujar Nasihadi.

Agus Edi Santoso PPL Nagori Purbaganda menyampaikan “Daerah Pertanian Nagori Purbaganda pencapaian panen sebanyak 2 kali dalam setahun, karena disamping pertanian padi sawah, ada juga perikanan. Untuk padi sawah mampu menghasilkan 6 sampai 8 ton perhektar dan perikanan mampu menghadilkan 1 juta ekor benih ikan lele dumbo perhektar selama 40 hari”. Jelas Santoso.

Masih kata Santoso “Disamping bidang pertanian saya juga melakukan pembinaan terhadap anak remaja dengan membentuk team sepsk bola U 12 dan U 15 dan direncanakan akan team U 17, hal ini dilakukan untuk membina anak remaja dalam aktifitas olah raga dan untuk menjauhkan dari kenakalan remaja. Dan dalam pembinaan kurang lebih 1 bulan, sudah mampu meraih juara 1 dalam pertandingan mencari bakat yang diadakan diBahapal”. Jelas Santoso menambahkan.

Dalam arahan dan bimbingannya Juraini Purba SE, msi Camat Pematang Bandar mengatakan,  “Ini adalah kegiatan murni acara syukuran turun benih, tidak ada kaitannya sama sekali dengan unsur politik, jika adapun calon yang hadir, ini merupakan keistimewaan buat Nagori Purbaganda, namun para Calon hanya menghadiri dan memberi semangat agar lebih semarak dalam acara syukuran ini. Dan dalam kesempatan ini saya sampaikan kepada seluruh masyarakat harus mensukseskan pemilu jangan Golput, dan dalam pemilu nantinya kita akan memilih Presiden dan wakil Presiden, DPD, DPRD RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten.

Untuk mensukseskan Pemilu bagi masyarakat yang belum melakukan Perekaman, dihimbau agar segera melakukan perekaman e KTP, pihak Kecamatan sudah berupaya mendatangkan Disdukcapil untuk pengurusan data kependudukan, bahkan setiap hari kerja, diKantor Camat tetap melayani perekaman E KTP”. Jelas Camat.

Acara dilanjutkan dengan acara puncak Doa syukuran dan tepung tawar benih yang dipimpin oleh kaum. || LE.

4 Comments

4 Comments

  1. g

    Mei 11, 2019 at 4:06 am

    Ahaa, its fastidious discussion regarding this paragraph at this place at this webpage,
    I have read all that, so at this time me also
    commenting at this place.

  2. g

    Mei 11, 2019 at 2:02 pm

    It’s impressive that you are getting thoughts from this
    post as well as from our discussion made at this time.

  3. download minecraft free

    Mei 12, 2019 at 2:40 am

    I for all time emailed this website post page to all my friends, as if like to read it next my links will too.

  4. g

    Mei 13, 2019 at 12:31 pm

    Very soon this web site will be famous among all blogging
    and site-building users, due to it’s fastidious articles

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top