Desa Kita

SYUKURAN TURUN BENIH DI NAGORI PURBAGANDA BERJALAN HIKMAD

PEMATANG BANDAR – Mitra Simalungun, Syukuran turun benih menjadi salah satu tradisi yang dilakukan Warga Masyarakat Nagori Purbaganda pasca Panen Padi di Nagori Purbaganda.

Pada Panen padi kali ini, Syukuran dilaksanakan pada senin (23/7) diBalai Harungguan Kantor Pangulu Nagori Purbaganda berjalan hikmad.

Kegiatan Syukuran dihadiri Pangulu Nagori Purbaganda Nasihadi SP, Maujana, LPM, UPTD Pertanian Pematang Bandar Ir. Ishak Ansari, PPL Nagori Purbaganda Agus Edi Santos SP, Kelompok Tani, P3A, Tokoh Masuarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat Petani.

Dalam laporannya Ketua Panitia Irwan mengatakan, “Saya mengucapkan terimakasih kepada segenap unsur masyarakat, yang telah membantu dan berpartisipasi dalam mendukung pelaksanaan syukuran pada panen kali ini. Semoga dengan syukuran ini, dapat membawa keberkahan pada panen kita mendatang”. Ujar Irwan.

Nasihadi SP dalam sambutannya mengatakan, “Selaku Pemerintahan Nagori sangat berterimakasih kepada seluruh Masyarakat terutama panitia Syukuran, yang masih tetap melestarikan budaya Syukuran yang menjadi tradisi diNagori kita turun temurun. Ini merupakan wujud Syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan panen padi di Nagori Purbaganda. Kami berharap dengan diadakannya acara ini, maka kita akan tetap selalu bebenah untuk menjadi lebih baik kedepannya dengan selalu mematuhi kesepakatan pola tanam serentak”. Himbau Nasihadi dalam sambutannya.

Dalam sambutannya Muaji selaku Maujana menyampaikan, “Kami selaku Maujana Nagori sangat mendukung acara syukuran yang sudah menjadi tradisi kita di Nagori Purbaganda ini, yang tujuannya mensyukuri nikmat dan anugrah yang diberikan oleh Allah SWT dan selalu mengharap ridho Nya, agar kedepan panen kita lebih melimpah, untuk itu kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi pola tanam yg telah kita sepakati dalam musyawarah P2T3 yang kita lakukan beberapa hari lalu”. Ujar Muaji.

Sementara itu UPTD Pertanian Ir.Ishak Ansari dalam sambutan dan arahannya mengatakan, “Untuk keberhasilan, kita harus bersama dan saling menjaga kebersamaan terutama dalam poka tanam serentak, maka untuk itu, kami berharap kepada seluruh masyarakat petani agar melaksanakan pola tanam sesuai musyawarah kita, pola tanam serentak merupakan salah satu cara utk menekan hama dalam keberhasilan padi sawah”. Jelas Ishak.

Hal senada juga disampaikan Agus Edi Santoso SP selaku PPL Nagori Purbaganda yang mengatakan, “Untuk meningkatkan hasil panen petani, kita harus melaksanakan pa tanam serentak sesuai kesepakatan P2T3, ini merupakan salah satu cara tepat meminalisir hama, kemudian benih yang baik yang telah teruji oleh laboratorium dan sudah mendapat izin dari Pemerintah. Hal ini tidak terlepas dari peran serta para Petani terutama Kelompok tani untuk tetap solid melaksanakan pila tanam serentak, agar panen kita akan lebih baik kedepannya”. Jelas PPL yang akrab dipanggil Toso.

Acara diakhiri dengan tepung tawar benih dan doa Syukur yang dipimpin oleh Tokoh Agama atau Kaum dan Bagi bagi Berkat Ambengan. || LE

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top