Pariwisata-Budaya

SYUKURAN TURUN BENIH DAN PAGELARAN WAYANG KULIT MENJADI PROGRAM TURUN MENURUN DI NAGORI PURBAGANDA

PEMATANG BANDAR – Mitra Simalungun, Syukuran turun Benih atau yang disebut juga bersih Desa dengan menggelar pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk, merupakan program kegiatan dan Naluri secara turun menurun di Nagori Purbaganda Kecamatan Penatang Bandar.

Acara syukuran tersebut dilaksanakan pada rabu (25/1) dilaksanakan di Balai Harungguan Kantor Pangulu Nagori Purbaganda.

PHOTO : SYUKURAN TURUN BENIH DAN PAGELARAN WAYANG KULIT MENJADI PROGRAM TURUN MENURUN DI NAGORI PURBAGANDA (PHOTO : LILI EFENDI).

Hadir dalam kesempatan tersebut Juraini Purba SE. Msi Camat Pematang Bandar beserta Staf, Nasihadi SP Pangulu Nagori Purbaganda beserta staf, Maujana beserta anggota, LPM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, P3A dan Masyarakat Petani.

Dalam Laporannya Irwan selaku Ketua Panitia acara syukuran, ” Kami segenap Panitia mengucapkan trimakasih kepada seluruh warga yang mendukung acara ini, sehingga acara syukuran ini berjalan lancar, jika adapun kekurangan disana sininya kami segenap panitia sekali lagi mohon maaf”. Jelas Ketua Panitia.

Dalam sambutannya Nasihadi SP selaku Pangulu Nagori Purbaganda, mengatakan, “Kami pihak Pemerintahan Nagori mengucapkan terimakasih atas antusias warga dalam mlaksanakn kegiatan rutin kita dalam syukuran dan berdih Desa sesuai naluri dalam syukuran benih, untuk itu kami pihak pemerintahan Nagori tetap melaksanakan syukuran sesuai naluri kita di Nagori Purbaganda, namun semua itu tetap dibarengi dengan rasa kebersamaan para petani untuk keserentakan bercocok tanam, karena kebersamaan itu menunjang keberhasilan produksi panen kita, untuk itu marilah tetap jaga kebersamaan dimasyarakat petani, untuk meningkatkan hadil panen kita”. Ujar Pangulu.

Mesianto mewakili Maujana mengatakan, “Kami selaku Maujana hanya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat harus tetap melaksanakan kesepakatan bersama dalam rapat P2T3 yang kita lakukan minggu lalu, maka kami sangat berharap untuk menatuhi kesepakatan tersebut, karena hal itu sangat menunjang peningkatan produksi panen, karena kalau dihitung hitung jika kita tidak mematuhi kesepakatan kita merugi hingga miliyaran rupiah pertahun”. Tegas Maujana.

Agus Edi Santoso selaku PPL Nagori Purbaganda dalam sambutannya mengatakan, ” Disini saya selaku PPL menghimbau agar mematuhi jadwal sesuai rapat P2T3, dalam hal ini kita harus lebih maju dalam pola fikir secara revolusi mental dengan kebersamaan dan keserentakan bercocok tanam.

” Dalam kesempatan ini juga saya sampaikan terimakasih kepada petani dengan pengolahan lahan masing – masing, namun kita tetap mematuhi jadwal kesepakatan sesuai Rapat P2T3″. Kata PPL.

Dalam arahannya Juraini Purba Camat Pematang Bandar mengatakan, “Disini kami pihak Pemerintahan Kecamatan menghimbau kepada seluruh warga Masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP, dianjurkan agar segera mungkin melakukan perekaman, agar segala kebutuhan bersangkutan dengan instansi tidak ada kendala, terutama saat ini akan digelar Pilkada Gurbenur dan Wakil Gurbenur, untuk itu dibutuhkan KTP. Dan dalam kesempatan ini juga kami ingatkan untuk pembayaran Pajak, karena dengan Pajak kita dapat membangun daerah kita melalui Dana Desa yang saat ini mencapai 1M. Untuk itu marilah kita patuhi sebagai wajib pajak dan bayarlah pajak PBB kita guna mendukung pembangunan”. Jelas Camat dalam arahannya.

Acara diakhiri dengan doa bersama dan tepung tawar benih dan dilanjutkan dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk oleh group Jaya Laras dari Nagori Nagaharjo Kecamatan Bandar Huluan dalam lakon “Gatot Koco Gendogo”.|| LE.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top