Sergai-Tebing Tinggi

Security Pabrik Roti Jordan  Sandera Wartawan

Tebingtinggi – Mitra Simalungun, Dua security  Pabrik Roti PT.Deli Tebing Luhur (Jordan) yang berlokasi di jln Sukarno Hatta, kel Tambangan, kec Padang Hilir, kota Tebingtinggi diduga telah melakukan pennyandraan terhadap salah seorang wartawan dengan cara menahan dan melarang wartawan Media Online Sentral detik com Jhon.P.Tobing (45), warga Kompleks Asrama Kodim 0204  jln Ksatria, kel Damar Sari, kec Padang Hilir, kota Tebingtinggi.Rabu (10/1) sekira jam 12.00 wib.

Atas peristiwa penyandraan yang dialaminya tersebut, Jhon P.Tobing  tak terima dan langsung mengadukan hal itu ke Polres Tebingtinggi dengan nomor STPL/14/I/2018/SPK.TT Kamis (11/1) di Polres Tebingtinggi,saat membuat laporan ke polisi korban Jhon P Tobing mengatakan bahwa, saat itu ia mendatanggi pabrik roti guan melaporkan pada pihak pabrik bahwa  istrinya yang juga merupakan karyawan pabrik tersebut  hampir sebulan mengalami  sakit dan kini sedang dirawat di RS Medistra Lubuk Pakam.

Tetapi pihak security mengatakan, bahwa istrinya sudah dikeluarkan, karena hanya merupakan karyawan Buruh Harian Lepas (BHL) .

Tak diterima istrinya di pecat, Jhon P.Tobing pun keluar ruangan dan langsung memoto lokasi pabrik roti.

Melihat pabrik di poto, security pabrik Hamzari dan Lian menghampiri Jhon P Tobing sekaligus menyandra serta melarang keluar dari pabrik sebelum Jhon Tobing menghapus poto pabrik didalam HP nya .

Tetapi Jhon Tobing berkeras tak mau menghapus, sehingga dirinya pun ditahan selama 1 jam lebih  , dilarang keluar dari lokasi pabrik oleh kedua security pabrik.

Merasa dirinya disandera. Jhon P.Tobing pun segera menghubunggi  rekan sesama wartawan, diantaranya Ruben Sembiring melalui Hp selulernya.

Selanjutnya  Ruben Sembiring melaporkan pada Polisi tentang ditahannya Jhon P.Tobing oleh pihak pabrik.

Mendapat laporan beberapa petugas Polisi  dari Polres Tebingtinggi  melincur ke Tkp,  melihat kedatangan Polisi, akhirnya pihak pabrik melepaskan Jhon P.Tobing keluar dari lokasi pabrik roti tersebut.

Karena buru buru untuk melihat istrinya yang sedang sakit di RS Medistra Lubuk Pakam, Jhon Tobing segera meninggalkan lokasi pabrik  untuk menjengguk istrinya ke Lubuk Pakam.

Merasa tak senang  atas penyandraan itu, ke esok harinya Kamis (11/1) sekira jam 14.00 Wib, Jhon P.Tobing bersama rekan rekan sesama wartawan Tebingtinggi resmi membuat laporan pada pihak Polres Tebingtinggi.

Ketika dikonfirmasi wartawan Kasat Reskrim Polres Tebingtinggi AKP . TP Butar Butar membenarkan adanya laporan korban, pihaknya segera akan  meninjau dan menindaklanjuti masalah tersebut,  jelas AKP TP.Butar Butar.

Menanggapi hal tersebut.Ketua DPD Komite Nasional Wartawan Indonesia (Komnas WI (Tebingtinggi) T.Tanjung,S.Sos angkat beicara skaligus  menyesalkan sikap security pihak perusahaan PT Deli Tebing Luhur (Jordan) yang telah melakukan penyandraan terhadap seorang wartawan yang sedang melaksanakan tugas-tugas peliputan jurnalistik, sebab wartawan itui dilindungi UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, Barang siapa yang menghalang-halangi tugas warta dapat diancam pidana selama 2 tahun penjara denda Rp 500 juta.

Atas kejadian itu. Ketua Komnas WI mendesak aparat penegak hukum terutama pihak kepolisian untuk segera menindaklanjuti kasus pidana penyandraan wartawan  tersebut susuai dengan peraturan perundangan hukum yang berlaku di NKRI, sekaligus meminta pihak terkait  untuk dapat menyelidiki masalah operasional izin produksi serta  ipal dan BPPOM yang dimiliki pihak perusahaan tersebut, menurut dugaan kuat,  perusahaan yang memperoduksi makanan roti  itu di becking oleh pihak Institusi aparat hukum. (Tim).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top