OPINI KITA

Sambut Lebaran Jangan Berlebihan

Rekan Mitra yang Mulia ๐Ÿ™

Tidak terasa hari raya Idul Fitri atau Lebarabn akan segera tiba dan tinggal menghitung hari.

Setiap umat muslim memepersiapkannya dengan semaksimal mungkin. Dari mulai makanan, dan penampilan nanti di hari raya.

Dianjurkan untuk berpenampilan yang terbaik, terbaik bukan berarti mesti harus baju baru. Namun memang baju baru lebih baik keliahatannya.

Setiap orang pasti menginginkan penampilannya selalu sempurna, dan menyukai hal-hal yang dianggap menarik, dan indah.

Namun, kita sebagai wanita muslimah harus menyadari bahwa hakikatnya apapun yang kita lakukan dan kita kenakan adalah untuk ibadah dan mencari ridha Allah SWT. Jangan sampai apa yang kita kenakan mengundang kemaksiatan.

Untuk era sekarang ini, segala hal menunjang untuk membuat seseorang berpenampilan lebih menarik dengan berbagai macam kemajuan dunia industri dan dunia fashion.

Nabi Muhammad Saw. bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽุจูุณูŽ ุซูŽูˆู’ุจูŽ ุดูู‡ู’ุฑูŽุฉู ูููŠ ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ุฃูŽู„ู’ุจูŽุณูŽู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุซูŽูˆู’ุจูŽ ู…ูŽุฐูŽู„ูŽู‘ุฉู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู

โ€œSiapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat.โ€ (Ahmad, Abu Daud, Nasai dalam Sunan Al-Kubro, dan dihasankan Al-Arnauth).

Apa Pakaian Syuhrah ?

โ€œMaksud hadis itu, seseorang tidak boleh memakai pakaian yang sangat bagus dan indah, sampai mengundang perhatian banyak orang. Atau memakai pakaian yang sangat jelek lusuh, sampai mengundang perhatian banyak orang.

Sebabnya karena berlebihan, sementara yang kedua karena menunjukkan sikap terlalu pelit. Yang terbaik adalah pertengahan.โ€ (al-Mabsuth, 30:268)

Nabi Muhammad mengingatkan kita untuk menghindari pakaian yang dapat mengundang perhatian banyak orang. Dikhawatirkan ketika kita memakai mukena yang berwarna-warni dan sangat indah tersebut dapat mengundang perhatian banyak orang apalagi memakai pakaian yang sangat lusuh.

Ketika banyak orang yang memandang akan timbul prasangka- prasangka dan niat yang tidak baik, timbul rasa iri dan sebagainya.

Allah menyukai dan yang terbaik kita memakai sesuatu yang sifatnya pertengahan. Karena pakaian yang berlebihan masuknya pakaian syuhrah dan balasannya akan dipakaikan pakain yang hina di akhirat.

Maka, mari kita sebagai umat muslim dan wanita muslimah untuk selalu menjaga apa yang kita pakai agar sesuai dengan syariat Islam. Kesimpulannya hindari menggunakan pakaian, baik baju ataupun mukena yang berlebihan dari segi apapaun agar tidak termasuk pakaian syuhrah.|| dari berbagai sumber.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top