Agro

RAPAT P2T3 CANANGKAN REVOLUSI MENTAL PETANI DI PURBAGANDA

Photo : Dengan Semangat Revolusi Mental Petani Padi Digelorakan PPL Agus Edi Santoso. Sp.(photo : WH Butarbutar).

PURBAGANDA – Mitra Simalungun, Guna menyatukan Jiwa, Semangat dan Pemikiran Positif Para Petani di Nagori Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar, sangat dibutuhkan Motivasi memicu semangat Para Petani, agar memiliki pola pemikiran yang Cemerlang dan Mantab. Sangat perlu dibutuhkan perubahan berpikir, bertujuan agar meningkatkan hasil panen padi tahun 2018, dengan Pola Cocok Tanam Terpadu.

Hal itu diungkap Kepala Desa Purbaganda Nasiadi kepada Petani dalam Rapat P2T3 di Kantor Kepala Desa Purbaganda Kec. Pematang Bandar, Senin (08/01), sekira Jam 14.00 Wib.

Rapat P2T3 tersebut dihadiri Para Petani, Pengurus Kelompok Tani, P3A, MAUJANA, Penyulu Pertanian Agus Edy Santoso, Sp, UPTD Pertanian Andohar Sinaga, Pegawai Dinas PSDA Provinsi Sukur Susilo, Babinsa Serka Purnomo dari Koramil 06 Perdagangan.

Photo : Penyulu Pertanian Agus Edy Santoso, Sp, Pegawai Dinas PSDA Provinsi Sukur Susilo, Maujana Desa Purbaganda Muaji,  Babinsa Serka Purnomo dari Koramil 06 Perdagangan, Pangulu Purbaganda Nasiadi.(photo : Sab Muhardi).

Penyuluh Pertanian (PPL), Agus Edi Santoso, Sp menjelaskan saat Rapat P2T3, bahwa ,” Luas hamparan persawahan seluas 295 Ha di Nagori Purbaganda, dapat dilaksanakan 2 (dua) kali tanam padi / tahun dan 3 kali panen, asalkan para Petani mau mengadakan Perubahan Mental, dengan cara serentak turun sawah dan serentak tabur benih (bibit semai padi * red).

Dengan semangat berkobar Agus Edi Santoso, Sp menyampaikan, arti dari Revolusi Mental dengan cara serentak, untuk merubah tata cara, agar jelas keuntungan para Petani Padi,” ujar Agus Edi Santoso, yang akrap dipanggil Pak Toso.

Diterangkannya,” Dapat dibayangkan bila terjadi 2 X (dua kali tanam), dan Panen 3 kali.

” Setahun, dapat panen 3 Kali, artinya dengan tanam 2X (dua kali), dan Panen ke 3X (tiga kali), namanya panen Singgang, hasilnya bisa untuk modal, asalkan singgang tersebut sama perlakuannya dirawat yang baik, agar masih mampu menuai Panenan, dengan hasilnya 50%, dari hasil 2x tanam.

” Jadi, marilah kita Reformasi Pola Pikir sesama Petani,” ungkap Agus Edi Santoso. Sp,” ucapnya.

Sementara UPTD Pertanian A. Sinaga, mengajak para petani agar sama – sama melaksanakan Pengumpanan Tikus dengan serentak, dan juga para petani
harus menjaga Pupuk agar jangan salah guna di jual ke pihak tertentu guna mengambil ke untungan Pribadi.

Sesudah Selesai dengan Mufakat Pelaksanaan Revolusi Mental dimulai dari Serentak Turun ke Sawah, pada Tanggal 08/01-2018, dengan rincian Semai Bibit Tanggal (08/01-2018) s/d Tanggal (10/2/2018), dan tutup tanam pada tanggal (28/2/2018).

Adapun Jenis Bibit Padi Impari 32 dan 33, juga bibit jenis si Gabe.

Sementara Rencana Syukuran dilaksanakan pada Tanggal (25/01-2018), dihiburan Wayang Kulit.

Dengan Tekat Bulat seluruh Petani  di Desa Purbaganda menerima Revolusi Mental, yang digagas oleh Penyuluh Pertanian (PPL) Agus Edi Santoso, Sp.

Acara P2T3 Revolusi Mental di tutup dengan Doa.|| WHBB/SAB.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top