Rakor Statistik Triwulan II & Pemaparan Draf Final Buku TATEDA, Publikasi Tahun...

Rakor Statistik Triwulan II & Pemaparan Draf Final Buku TATEDA, Publikasi Tahun 2017 oleh BPS Kab. Tapanuli Tengah

by -
0 3

Tapteng-Mitrasimalungun, Bupati Tapanuli Tengah (Bakhtiar Ahmad Sibarani) diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Tioprida Sitompul, SE) didampingi Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah / PPEPD Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah (Ferdinand Sianipar, SS, ME) membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Statistik Triwulan II dan Pemaparan Draf Final Buku Tapanuli Tengah Dalam Angka (TATEDA) Publikasi Tahun 2017 oleh BPS Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kab. Tapteng, Kamis (13/07/2017).

Adapun sebagai Narasumber pada rakor itu, Kepala BPS Kab. Tapteng (Alzen, S.Si, M.Si) dan dihadiri oleh SKPD dan yang mewakili di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng), perwakilan dari Polres Tapteng, Pengadilan Agama Pandan, LAPAS, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, BPS Kab. Tapteng, BPN Kab. Tapteng, PDAM Mual Nauli, dan PDAM Tirta Nauli.

Pada kesempatan itu, Kepala BPS Kab. Tapteng (Alzen, S.Si, M.Si) menyampaikan bahwa dasar hukum penyusunan Daerah Dalam Angka (DDA) itu adalah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, khususnya Pasal 10, mengenai kompilasi produk administrasi dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik.

Adapun tujuan umum pembuatan pedoman ini adalah terwujudnya DDA yang layak sebagai rujukan utama di daerah. Tujuan khususnya adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) agar dapat menyusun DDA yang berorientasi kepada keperluan penggunaan data, meningkatkan motivasi instansi sektoral daerah untuk menghasilkan data yang berkualitas akurat, lengkap, berkesinambuan dan relevan. Selanjutnya, dapat meningkatkan pemanfaatan data sektoral dalam perumusan kebijakan pembangunan di daerah.

Kepala BPS Kab. Tapteng (Alzen, S.Si, M.Si) memaparkan bahwa pada penyusunan TATEDA 2017 terdiri atas 137 tabel yang terbagi dalam 13 bab meliputi Geografi dan Iklim, Pemerintahan, Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Sosial, Pertanian, Industri Energi dan Konstruksi, Perdagangan, Hotel dan Pariwisata, Transportasi dan Komunikasi, Keuangan Daerah dan Harga, Pengeluaran Penduduk dan Konsumsi Makanan, Pendapatan Regional, dan Perbandingan antar Kabupaten/Kota.

Pada sesi selanjutnya, dilaksanakan diskusi/tanya-jawab dengan harapan akhir para peserta rapat sebagai sumber data TATEDA telah memberikan data yang diperlukan dengan tepat waktu dan data yang diberikan hendaknya sudah tepat. Selain itu, dapat juga menambahkan data lainnya yang dianggap perlu untuk dipublikasikan sehingga Draf Final Buku TATEDA Publikasi Tahun 2017 dapat segera dicetak.|| “Horas M.Htg”.