Hukum-Kriminal

POLSEK PERBAUNGAN AMANKAN GERANDONG

PERBAUNGAN – MITRA SIMALUNGUN, Tim Unit Reskrim Polsek Perbaungan mengamankan seorang laki-laki dewasa SUHENDRA Alias GRANDONG (25), Warga Dsn. II Desa Kota Galuh Kec. Perbaungan Kab. Sergai, karena telah melakukan tindak pidana pencurian, di Areal SPBU Kota Galuh Dsn. II Kota Galuh Kec. Perbaungan Kab. Sergai, Selasa (19 Juni 2018), sekira Jam 21.00 Wib.

Informasi dihimpun berdasarkan Laporan Polisi : LP / 133 / VI /2018/SU/RES SERGAI/SEK PERBAUNGAN, Rabu Tanggal 20 Juni 2018 Pukul 04.00 WIB, dan SP.Kap No. : Sp.Kap/199/VII/2018/Reskrim, Tanggal 25 Juli 2018, dengan Pelapor RISKI WAHYU DANI (19), seorang Buruh Kilang Batu Bata, Warga Pasar VI Lestari Kec. Beringin Kab. Deliserdang.

Kronologisnya, Pada hari Selasa (19 Juni 2018), sekitar pukul 21.00 wib, Pelapor bersama dengan saksi IRFANSAH berangkat dari Bamban, hendak pulang ke Lubuk Pakam Deli Serdang, mengendarai Sepeda Motor milik saksi.

Sesampainya di Desa Kota Galuh tepatnya di SPBU Desa Kota Galuh Kec. Perbaungan, pelapor dan saksi sudah kelelahan dan mengantuk, maka diputuskan oleh pelapor dan saksi, untuk istirahat tidur di Dalam Areal SPBU Kota Galuh yaitu di dalam Musholah SPBU tersebut.

Pada saat Pelapor dan Saksi, sedang tidur tersangka (yang belakangan di ketahui bernama SUHENDRA Alias GERANDONG ) beserta 2 ( dua ) orang rekannya membangunkan pelapor dan saksi.

Menurut Pelapor,” Saat pelapor terbangun sempat melihat jam sudah pukul 03.30 wib, dan karena tersentak dari tidur Pelapor langsung terbangun, dan tersangka berkata kepada Pelapor, ” Bangun…bangun kami petugas/ polis ada pemeriksaan Narkoba, kami dari polisi,” lalu pelapor menjawab,” mana ada pak..” ujar Pelapor menceritakan kejadiannya.

Lalu Pelaku SUHENDRA Alias GRANDONG berkata,” mana dompet kau bawa sini,” lalu karena ketakutan akan di pukul oleh tersangka, Pelapor kemudian memberikan Dompet miliknya dan Tersangka langsung mengantongi Dompet Pelapor tersebut, dan tersangka juga mengambil dengan paksa Hand Phone Merk Samsung, yang terletak di lantai dekat pelapor dan saksi tidur.

Selanjutnya tersangka mengajak temannya pergi, dan tersangka beserta temannya pun pergi meninggalkan pelapor dan saksi.

Beberapa saat setelah tersangka dan temannya pergi saksi HAFIS menemui pelapor dan menanyakan, ” ada apa dek..” kemudian pelapor menjawab,” ini bang, dompet dan barang-barang kami di ambil paksa bang sama orang tadi, katanya polisi bang,” saksi kemudian menjawab “..ah polisi apa…itu aku kenal orangnya,…udah kau lapor aja ke polsek….aku tanda orangnya itu ..Si Gerandong, orang Kota Galuh..kau lapor aja dek..”, ucap saksi.

Atas saran dari saksi HAFIS yang merupakan Security SPBU Kota Galuh tersebut pelapor dan saksi melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Perbaungan agar para pelaku dapat ditangkap dan di Hukum sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia, menurut pengakuan saksi Hafis, tersangka memang sudah sering melakukan perampasan harta benda milik Pelanggan SPBU, dan sering mengatakan kalau tersangka adalah Petugas Polisi, dan mengatakan kalau tersangka adalah Kanit Serse dan dengan berpura pura melakukan pènggeledahan kemudian mengambil dengan paksa harta benda korbannya.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kehilangan dompet yang berisikan sejumlah uang lebih dari 1 (satu), juta rupiah serta 2 ( dua ) unit hand phone merk samsung milik pelapor dan saksi.

Dan 2 minggu kemudian diterima laporan pengaduan tersangka juga melakukan aksinya dipagi hari pada pukul 07.30 wib, yang pada saat itu korban lain hendak ke kamar mandi, tersangka yang dilihat oleh Security dari jauh di lihat membongkar paksa Jok tempat duduk Sepeda Motor korban, dan dengan sangat cepat tersangka berhasil mengambil uang sebanyak Rp 1.500.000,_( satu juta lima ratus ribu rupiah).

Kapolsek Perbaungan AKP. ILHAM HARAHAP, SH MH, mengatakan,” Setelaha 2 minggu lebih mengikuti jejak tersangka yang berpindah pindah tempat dan sempat melarikan diri ke daerah Medan, kemudian pada hari Rabu (25 Jili 2018), sekira pukul 17.30 wib berdasarkan surat perintah tersebut diatas Team Opsnal Reskrim Polsek Perbaungan berhasil menangkap pelaku dari persembunyiannya, setelah diinterogasi pelaku dengan berterus terang mengakui perbuatanya bersama dua temannya.

Kemudian dilakukan pengembangan terhadap dua teman tersangka lainnya belum ditemukan dan msh di lakukan pengembangan.

Selanjutnya tersangka dan barang bukti di amankan ke komando polsek perbaungan.|| Rel.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top