Tapteng-Sibolga

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Buka Perayaan Paskah Oikumene Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2017

Tapteng-Mitrasimalungun, Pj. Bupati Tapanuli Tengah (Drs. Bukit Tambunan, M.AP) membuka secara resmi Perayaan Paskah Oikumene Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) Tahun 2017 bertempat di Lapangan Sepak Bola Pandan, Selasa (09/05/2017).

Perayaan Paskah Oikumene Kab. Tapteng ini dihadiri oleh ribuan umat Kristiani diawali dengan penampilan Tablo jalin Salib yang dibawakan oleh Orang Muda Katolik Paroki St. Yosef Pandan.

Pj. Bupati Tapanuli Tengah(Drs. Bukit Tambunan, M.AP) dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, Perayaan Paskah merupakan peristiwa yang sangat penting bagi umat Kristiani diseluruh dunia. Paskah merupakan refleksi perjalanan hidup Yesus yang penuh dengan penderitaan dan berakhir pada kematian di Kayu Salib. Oleh karena itu, kematian dan kebangkitan Yesus merupakan makna kasih, pelayanan, penderitaan dan pengorbanan.

“Saya mengajak kita semua agar meneladani pengorbanan Yesus yang penuh damai dan cinta kasih, serta melayani setiap orang dengan penuh pengorbanan dan memberikan pengharapan, kemenangan dan kehidupan bagi seluruh umatNya. Sebagai orang beriman diharapkan dapat merefleksikan integritas dan kesetiaan Yesus melalui kehidupan sehari – hari. Paskah mendorong kita menjadi manusia – manusia baru yang dipanggil untuk menyatakannya dalam kehidupan penuh kasih, damai, berintegritas, konsisten serta berbuat baik,” kata Pj. Bupati Tapanuli Tengah.

Pada kesempatan ini, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) terhadap pembinaan dan pembangunan kehidupan kerohanian umat Kristiani telah menyerahkan bantuan dana Hibah kepada seratus sepuluh Gereja dan Organisasi Kekristenan.Untuk itu, bantuan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya bagi kemaslahatan kehidupan umat kristiani di Gereja masing – masing. Selanjutnya, untuk membantu Siswa Siswi Berprestasi yang kurang mampu maka diberikan bantuan yang bersumber dari Panitia Natal Nasional Tahun 2016 kepada sepuluh orang Siswa Siswi Penerima. Hal ini dilakukan untuk meringankan beban biaya pendidikan anak – anak berprestasi yang kurang mampu ekonominya. Pesan saya kepada anak – anak kami, belajarlah dengan giat, raihlah cita -citamu setinggi bintang di langit dan percayalah Tuhan pasti menolongmu.

Selanjutnya, Pj. Bupati Tapanuli Tengah (Drs. Bukit Tambunan, M.AP) menyampaikan dalam Sembilan Bulan masa kepemimpinannya sebagai Pj. Bupati Tapanuli Tengah, banyak kesan yang sangat berarti.

“Berbaur dengan masyarakat Tapteng yang begitu ramah, hormat dan penuh kasih membuat saya kagum akan daerah ini. Hal ini tidak terlepas dari fungsi dan peranan saudara saudari para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Masyarakat seluruhnya yang turut serta membangun masyarakat dalam hal moral, mental dan spritual,” ujar Pj. Bupati Tapanuli Tengah.

“Tapteng sangat potensial untuk bisa dikembangkan, bisa maju serta setara dengan daerah lainnya. Untuk itu, mari kita bekerjasama, bahu membahu membangun dan mewujudkan Tapteng yang sejahtera.Dengan perayaan Paskah ini, saya mengajak saudara saudari untuk sungguh – sungguh memperlihatkan integritas dan kesetiaan sebagai manusia yang telah diperbaharui. Kita harus mampu melawan berbagai bentuk kejahatan seperti anarkisme, narkoba, pergaulan bebas, korupsi, main hakim sendiri, intoleransi sehingga kita dapat bermakna ditengah – tengah kehidupan dan berharga dimata Tuhan,” kata Pj. Bupati Tapanuli Tengah.

Bupati Tapanuli Tengah Terpilih (Bakhtiar Ahmad Sibarani) dalam sambutannya menyampaikanSelamat Hari Raya Paskah buat Saudaraku umat Kristiani. Pembinaan terhadap kerohanian harus terus kita tingkatkan melalui kegiatan – kegiatan keagamaan maka mulai pada Tahun 2016 yang lalu sewaktu kami menjabat Ketua DPRD Tapteng bekerjasama dengan Pemkab Tapteng mengadakan kembali pelaksanaan Festival Paduan Suara Surgawi dengan menampung anggaran di APBD Tapteng Tahun 2016 sebesar lima ratus juta rupiah dan pada tahun 2017 dan tahun tahun berikutnya tetap dilaksanakan. Untuk itu, melalui Paskah tahun ini mari kita doakan pembangunan di Tapteng semakin menyentuh kehidupan masyarakat, mari kita bina kerukunan antar umat beragama, menjaga toleransi menuju Tapteng yang damai dan sejahtera.

Untuk membantu pembangunan Gereja se Tapteng juga diberikan bantuan dana Hibah kepada seratus sepuluh gereja yang tujuannya adalah untuk pembinaan kehidupan rohani Jemaat Gereja. Diakhir sambutannya, Bupati dan Wakil Bupati Terpilih menyanyikan lagu ” Bagi Tuhan Tiada Yang Mustahil”.

Ketua Umum Paskah Oikumene Tapteng (Drs. Antonius Simanjuntak) dalam Laporannya menyampaikan bahwa Perayaan Paskah Tahun 2017 ini, mengangkat Tema Kebangkitan Kristus Membebaskan Kita Dari Kuasa Kematian (Roma 6:10) dan Sub Tema Melalui Paskah kita tingkatkan kerukunan dan toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menuju pembangunan Tapteng yang lebih maju.

Perayaaan ini diawali Perarakan sebagai tanda dimulainya perayaan ibadah Paskah Oikumene dari dua titik, yaitu SMP St. Fransiskus Aek Tolang Pandan dan dari SD St. Fransiskus Pandan dengan rangkaian acara Prosesi Jalan Salib oleh Orang Muda Katholik St. Yosef Pandan, Defile Bendera lambang Gereja se Tapteng, Drum Band SMP St. Fransiskus Aek Tolang Pandan dan Marching Band SD St. Fransiskus Pandan, Marching Band SMP Negeri 1 Sarudik, Pelajar dan Jemaat menuju Kantor Bupati Tapanuli Tengah dan selanjutnya Perarakan menuju lokasi acara Ibadah di Lapangan Sepak Bola Pandan.

Perayaan Paskah menghadirkan Pengkhotbah Pdt. Mangiring Jinles Pasaribu, SH, M.Min serta dihibur oleh artis ibu kota Erick Sihotang, Tamados Band dan artis lokal Medel Voice dan Deta Voice.Selama perayaan ibadah akan diisi persembahan lagu – lagu pujian diantaranya Koor Massal Kecamatan se Tapteng, Vocal Solo, Koor Dharma Wanita Persatuan Tapteng, Koor STT Siar Nauli Pandan, dan sebagai penutup acara undian Lucky Draw dengan berbagai hadiah menarik yang diantaranya Sepeda Motor, Kulkas, Televisi, Magic com, Kipas Angin Sepeda dan Blender dan berbagai hiburan lainnya serta pemberian bea siswa kepada Pelajar Berprestasi.

Untuk hadiah Utama 2 buah sepeda motor berhasil dimenangkan oleh Pendeta Gereja Sidang Jemaat Allah Pandan dan Pendeta GKPI Tukka dan selanjutnya diserahkan oleh PJ. Bupati Tapanuli Tengah, Forkopimda Tapanuli Tengah, Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah Terpilih, dan Pendeta Pengkhotbah.| Horas M.Htg.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top