Pertama di Sumut, Perpustakaan Tebingtinggi Luncurkan ‘ Motor Cerdas ’

Pertama di Sumut, Perpustakaan Tebingtinggi Luncurkan ‘ Motor Cerdas ’

by -
0 4

Tebingtinggi-Mitra Simalungun, Dalam rangka memasyarakatkan Gerakan Literasi Gemar Membaca di kalangan masyarakat, Dinas Perpustakaan Umum Kota Tebingtinggi meluncurkan ‘Motor Cerdas’ dan ‘Perpustakaan Taman’ yang lounching pertamanya telah dilakukan pada hari Kamis (13/7) lalu oleh Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan disaksikan Plt Kadis Perpustakaan H Chairil Anwar Nasution di Taman Kota Tebingtinggi.

‘Motor Cerdas’ berupa sepeda motor yang membawa ratusan judul buku-buku perpustakaan dan dilengkapi dengan speaker berbunyi ajakan kepada warga untuk gemar membaca tersebut nantinya akan masuk ke dalam lorong-lorong di kawasan perkampungan Tebingtinggi. Motor Cerdas yang merupakan gagasan Kabid Perpustakaan Muhammad Fadli tersebut baru pertama diluncurkan di Sumatera Utara.

Pada kesempatan itu, Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan yang telah melakukan berbagai kreatifitas dan inovasi sehingga Perpustakaan Tebingtinggi digemari masyarakat, dan itu terbukti selama tahun 2016 telah dikunjuni 661.000 pengunjung.

“ Untuk tahun 2017 ditargetkan 1 juta pengunjung, dan nantinya bagi pengunjung perpustakaan yang ke satu juta akan diberikan reward bantuan dana sebsar Rp 2 juta yang berasal dari kantong pribadi saya”, kata Umar.

Dikatakan Walikota, bahwa kreatifitas yang dilakukan Dinas Perpustakaan ini kedepannya akan terus ditingkatkan.

“ Dan kepada segenap petugas di perpustakaan teruslah bersemangat, kerja yang dilakukan bukan hanya untuk dunia tetapi juga akhirat karena ikut mencerdaskan bangsa”, imbuh Walikota.

Menurut walikota, bangsa-bangsa yang besar didunia sangat konsen dengan gerakan leterasi (membaca) sehinga mereka mampu menguasai teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang apapun.

“ Dengan rajin dan gemar membaca bagi warga Kota Tebingtinggi sebagai percepatan Tebingtinggi sebagai Kota Cerdas dan mengantarkan Kota Tebingtinggi duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan kota-kota lain di Indonesia”, katanya.

Kepada kalangan PNS di lingkungan Pemko Tebingtinggi, walikota juga mewajibkan untuk membaca buku.

“ Saya sudah wajibkan kepada mereka seorang PNS dalam setahun harus membaca 10 buku, dan saya berharap Dinas Perpustakaan membenahi perpustakaan di Sekertariat Pemko Tebingtinggi”, harap walikota.

Pada kesempatan itu, Walikota Tebingtinggi menyerahkan piagam penghargaan kepada Pengunjung Perpustakaan Teladan masing-masing kepada Darwin Purba, Ramunah Purba, Zikri Sikumbang, Tabata Lorensa Hura, Fadillah Nurhafsiah dan Ivy Insani Laila.

Penghargaan juga diberikan kepada Penggiat Perpustakaan antara lain, Kajari Tebingtinggi, Pengadilan Negeri Tebingtinggi, Camat Bajenis, Kepala MAN Tebingtinggi, Pondok Pesantren Al Hasyimiyah, SMA Negeri 2 dan SD Negri 165722 Kecamatan Padang Hulu.

Plt Kadis Perspustakaan H Chairil Anwar Nasution menyampaikan bahwa mereka yang memperoleh penghargaan ini adalah orang-orang yang telah berprestasi dan bahkan sampai ke tingkat provinsi Sumatera Utara.(Rey)

MITRA Simalungun Liputan Berita Terpercaya