Sergai-Tebing Tinggi

Peringatan Hari Pramuka ke 56 di Tebingtinggi Meriah

Tebingtinggi-Mitra Simalungun, Peringatan Hari Gerakan Pramuka ke 56 di Kota Tebingtinggi yang ditandai dengan apel dipimpin Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan dan diikuti oleh ribuan anggota Gerakan Pramuka di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo kota setempat berlangsung meriah, Senin (14/8/2017).

Walikota Tebingtinggi yang membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, ‘Gerakan Kepanduan’ secara resmi menjadi Gerakan Pramuka pada  tanggal 14 Agustus 1961 yang ditandai dengan pelantikan anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari oleh Presiden RI Soekarno di Istana Negara. “Peristiwa pada tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai Hari Pramuka, yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka di Indonesia”, ujarnya.

Disampaikan bahwa generasi Pramuka saat ini kebanyakan diisi oleh adik-adik generasi milenial atau generasi Y, yang cara berpikirannya sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

“ Mereka adalah generasi adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang sangat kreatif dan inovatif.

Gerakan pramuka harus melakukan terobosan, jangan berpikir linear, jangan terjebak rutinitas dan monoton. Tapi juga harus memandu adik-adik pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif”, imbuh Presiden RI.

Pada kesempatan itu, Umar juga menambahkan bahwa gerakan Pramuka harus memakai cara-cara yang kreatif, cara-cara kekinian, cara-cara yang dekat dengan generasi milenial untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air di dalam diri setiap anggota pramuka.

“ Kita harus meninggalkan pendekatan-pendekatan lama yang tidak pas digunakan untuk generasi saat ini. Sentuhlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya sehingga benar-benar tertanam di dalam diri setiap anggota gerakan pramuka”, katanya.

Usai membacakan naskah pidato Presiden RI, Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Ka Kwarcab H Johan Samose Harahap disaksikan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) memberikan trophy dan penghargaan kepada peserta terbaik yang mengikuti sejumlah kegiatan lomba diantaranya gerak jalan dalam rangka HUT RI ke 56 serta perlombaan lainnya. ( Rey)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top