Sergai-Tebing Tinggi

Pembagian Rastra Dilakukan Melalui e-Warung

Pemko Tebingtinggi Gelar Rakorpem Tahun 2018, Pembagian Rastra Dilakukan Melalui e-Warung   

Tebingtinggi – Mitra Simalungun, Memasuki tahun kerja 2018, masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dan Bagian di lingkungan Pemerintahan Kota Tebingtinggi memaparkan kegiatan kerjanya ke depan dalam Rapat Koordinasi Pemerintah (Rakorpem), Selasa (9/1), dipimpin langsung Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan di Ruang Data I Sekretariat Pemko Tebingtinggi.

Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) memaparkan, bahwa berdasarkan Surat Kementerian Sosial Nomor 140/HUK/2018, mulai tanggal 1 Januari 2017 hingga Juli 2017, jumlah penerima beras sejahtera (rastra) di Kota Tebingtinggi sebanyak 8.179 jiwa, dan mulai tahun 2018 ini bantuan tidak lagi diberikan berupa beras secara langsung seperti sebelumnya, tetapi bantuan akan dibagikan secara elektronik melalui e-warung.

Sedangkan dari Dinas Sosial menjelaskan bahwa penerapan ‘Rastra Madani’ di dalam pembagiannya akan diselaraskan dengan pusat, yakni sebanyak 10 kg beras tanpa lagi biaya pengganti seperti sebelumnya (gratis), serta sudah ada 12 e-warung di Kota Tebingtinggi yang akan dibina serta terus diperhatikan perkembangannya dan e-warung harus dibuat plakatnya.

Dalam hal ini, Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi menyarankan agar dalam pembagian rastra kepada masyarakat dilakukan satu bulan sebelum bulan suci Ramadhan, karena masyarakat sangat membutuhkannya di dalam menyambut bulan suci tersebut.

Selanjutnya Dinas Kesehatan menyampaikan total peserta yang didaftarkan pada BPJS Kesehatan sebanyak 40.796 jiwa dan peserta BPJS dari Kota Tebingtinggi saat ini sebanyak 27.397 jiwa dari kuota 30.000 jiwa serta peserta BPJS dari provinsi sebanyak 4.173 jiwa.

Terkait data tersebut, Umar meminta agar dilakukan validasi ulang. “Lakukan validasi ulang mengenai status data kepesertaan BPJS oleh camat dan SKPD, ketentuan persyaratan BPJS sebelumnya terus dipakai, sedangkan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) harus diselesaikan pada akhir Januari ini dan penerimaan PBI tidak tepat sasaran untuk divalidasi kembali,” pesannya.

Terkait kepesertaan pada BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Dinas Ketenagakerjaan menyampaikan bahwa target daerah untuk UHC (Universal Health Coverage) saat ini sebesar 95 % warga yang wajib didaftarkan. Kepada Dinsos dan Dinkes walikota meminta agar dilakukan pendataan kepada perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Target 22 persen UHC harus kita capai yang berasal dari karyawan perusahaan, saya minta Kabag Humas PP diminta agar melakukan pemasangan baliho-baliho perihal pengajakan masyarakat untuk masuk BPJS dan sosialisasikan juga melalui radio-radio swasta yang ada di Tebingtinggi,” perintah walikota.

Dari Dinas Perizinan Terpadu memaparkan tentang e-perizinan di Kota Tebingtinggi menyampaikan, bahwa KPK telah meninjau persiapannya dinas yang menangani soal izin-izin tersebut telah menyiapkan 6 unit komputer dan pemasangan CCTV yang menjadi syarat dari e-perizinan yang telah ditentukan KPK. “Meskipun telah berbasis online, tetapi berkas fisik tetap dikumpulkan sebagai bukti pertinggal,” terang walikota.

Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah (BPKPAD) yang memaparkan soal e-aset dan e- budgeting menyampaikan, bahwa telah dilakukan pemasangan server e-budgeting oleh KPK dan e-aset tahun 2019 diadopsi dari Pemprovsu yang akan dilaksanakan setelah di jalankannya e-perizinan serta migrasi data dari SIMDA barang ke e-aset masih terus dilakukan.

Sedangkan dari Disdukcapil menerangkan mengenai status kepemilikan e-KTP di Kota Tebingtinggi saat ini sudah mencapai 97 %, sementara Nasional 98 %, kepemilikan Akte di Tebingtinggi 95 % dan Nasional 80 %. Kepada lurah dan camat, walikota menghimbau agar terus melakukan koordinasi dengan Disdukcapil perihal distribusi e-KTP dan surat kematian yang dirilis pihak rumah sakit atau camat harus diberikan kepada Disdukcapil agar data terus diperbaharui.(Rey).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top