LAYAK KAH..??? DANA DESA DIPERUNTUKKAN KE PERKEBUNAN, PERLU DIKAJI KEMBALI..???

LAYAK KAH..??? DANA DESA DIPERUNTUKKAN KE PERKEBUNAN, PERLU DIKAJI KEMBALI..???

    by -
    0 24
    Mitra Simalungun : Liputan Berita Terpercaya

    SIMALUNGUN-Mitra Simalungun, Perlu kajian kembali layak kah Anggaran Dana Desa (ADD) di Perkebunan, karena di perkebunan dalam perencanaan kerja ada 2 sistem, antara lain Rencana Kerja Operasional (RKO), dan Rencana Kerja Perusahaan (RKP), yang dilaksanakan secara rutin per triwulan, dan setiap perencanaan yang dilaksanakan secara cermat agar tidak terjadi salah sasaran atau tidak terjadi dana mubazir, itu sebabnya di perkebunan mengedepankan pekerjaan yang lebih urgent, demikian diungkap Ketua LSM Roda Transparansi Kab. Simalungun Saur Hutagalung, Jum`at (9/6), sekira jam 10.30 WIB.

    Ditambahkannya,” mengapa?? kita buat kalkulasi perbandingan antara RKO dan RKP kepada perencanaan yang dilaksanakan pemerintah setiap tahun, seperti di era pemerintahan sekarang yang melaksanakan Musrenbang yang merencanakan pembangunan, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), yang hanya 1 Tahun dilaksanakan sifatnya skala prioritas.

    Mengenai Dana Desa di Perkebunan, apakah kita tidak perlu ambil andil memberikan tanggapan tentang Perkebunan lebih mampu melaksanakan perencanaan pembangunan fisik bahkan pembangunan kesejahteraan karyawannya, tentunya lebih efektif perkebunan menyusun perencanaan itu.

    Sementara Dana Desa yang sifatnya skala prioritas pemerintah lebih mengedepankan pembangunannya titik sasaran yang sifatnya mendesak, seperti jembatan jembatan dan jalan jalan lorong.

    Untuk itu kami mengharap kepada pemerintah supaya menganalisa kembali Dana Desa yang dikucurkan ke Perkebunan, sebab perkebunan sendiri mumpuni merespon segala kekurangan yang ada di areal HGU baik fisik maupun kesejahteraan karyawannya,” ucap Saur Hutagalung.|| red.