Hukum-Kriminal

LARI DARI KEJARAN POLISI, PELAKU CURANMOR DITANGKAP DI DALAM GORONG – GORONG

PERBAUNGAN – MITRA SIMALUNGUN, Anggota Opsnal Polsek Perbaungan berhasil melakukan penangkapan terhadap 1 (satu) orang laki-laki dewasa tersangka pelaku Tindak Pidana ” Pencurian dengan pemberatan dan atau pencurian kendaraan bermotor ” (Curanmor), terdahulu sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat ( 1 ),  ke-3e, 4e, 5e dari KUHPidana berdasarkan Laporan Polisi : Laporan Polisi, Nomor : LP/61/ III/ 2018/ SU / Res Sergai/Polsek perbaungan,  tanggal 24 Maret 2018, Minggu (12 Agustus 2018), Sekira pukul 09.30 Wib.

Informasi dihimpun, Pada hari Kamis (22 Maret 2018), sekira pukul 13.00 wib, saat itu Korban sedang  bekerja, seperti biasa sebagai karyawan PT. Deli Muda, di Areal Tanaman Sawit Blok IX Tahun 2005, Afdeling Hilir Desa Deli Muda Hilir Perbaungan.

Korban memarkirkan Sepeda Motor Honda Supra X milik korban di bawah Pohon Sawit, kemudian korban bekerja untuk membersihkan Kebun Sawit di seputaran korban memarkirkan Sepeda Motor miliknya.

Jarak antara korban dan sepeda motor miliknya memang agak berjauhan, namun masih dapat dipantau atau sesekali korban melirik sepeda motornya.

Pada saat tengah hari yaitu pukul 13.00 Wib, saat waktunya untuk korban akan istirahat, korban berjalan ke tempat dimana korban memarkirkan sepeda motornya, alangkah terkejutnya korban  melihat sepeda motor miliknya sudah hilang, tidak berada lagi di tempatnya.

Melihat hal tersebut sontak korban merasa kebingungan dan kemudian berteriak “..maling..maling…keretaku hilang..” teman teman korban beberapa orang yang masih bersama dengan korban yang akan kembali beristirahat kerumah juga terkejut dan mencoba  membantu dengan mencari di seputaran lokasi kebun sawit.

Namun setelah mengelilingi areal kebun blok IX dan Blok X sepeda motor milik korban tersebut tidak ditemukan/hilang di curi orang yang tidak di kenal.

Lelah mencari kemudian korbanpun di antar kembali pulang kerumahnya di Dusun I Desa Suka Beras Kec. Perbaungan oleh teman kerja korban.

Hingga akhirnya atas saran dari teman-teman kerja korban, pada hari Sabtu (24 Maret 2018), korban memutuskan untuk membuat Laporan Polisi secara Resmi ke Polsek Perbaungan dengan pelaku lidik.

Berdasarkan Laporan Polisi tersebut kemudian dilakukan penyelidikan oleh Team Opsnal, dan dari hasil penyelidikan di lapangan dan berdasarkan keterangan dari saksi-saksi, kemudian didapatkan titik terang bahwa pelaku adalah tersangka IS Alias MOLOR, penduduk Dusun II Desa Sei Sijenggi Perbaungan beserta seorang teman tersangka bernama WT Alias ANTO, penduduk Dusun I Desa Sei Sijenggi Perbaungan.

Dari hasil penyelidikan tersebut pada bulan April 2018 berdasarkan surat perintah penangkapan dilakukan penggerebekan terhadap rumah  IS Alias MOLOR, namun pelaku tidak berada di rumah dan kemudian dilakukan pengejaran ke rumah WT Alias ANTO namun tersangka ANTO pun tidak berada di rumah (diduga mengetahui akan di tangkap sehingga sempat melarikan diri).

Beberapa kali dilakukan pengejaran ke Kota Medan, sesuai informasi bahwa ke dua pelaku kost – kosan di Daerah Padang Bulan Medan, namun tersangka tidak ditemukan di dalam kamar kost kosannya.

Menurut Kapolsek Perbaungan AKP. ILHAM HARAHAP, SH MH, mengatakan,” Pada hari Minggu (12 Agustus 2018) sekira pukul  09.30 wib, berdasarkan informasi yang di dapat team opsnal Reskrim perbaungan di bawah pimpinan Kanit RESKRIM melakukan penggerebekan  rumah tersangka IS Alias MOLOR, mengetahui kedatangan petugas tersangka kemudian berlari  keluar dengan sangat kencang dari pintu belakang rumah tersangka ke arah kebun sawit PT. Deli Muda,” ujarnya.

” Melihat tersangka lari, Team Opsnal  melakukan pengejaran dan sempat memberikan tembakan peringatan ke udara namun tidak dihiraukan oleh tersangka yang berlari ke arah sawitan hingga menghilang di sawitan”.

” Petugas tidak mau kehilangan tersangka dan melakukan pencarian di seputaran kebun sawit dengan menyisir parit dan gorong-gorong”.

” Akhirnya 1 (satu) jam kemudian tersangka IS Alias MOLOR berhasil di tangkap di dalam parit kebun dengan menenggelamkan seluruh badannya”.

” Tersangka kemudian di amankan dan setelah di interogasi tersangka mengakui perbuatannya bersama teman tersangka ANTO”.

” Tersangka mengaku telah menjual sepeda motor hasil curiannya tersebut ke Daerah Tiga Binanga Kab. Kaban Jahe, kemudian dilakukan pengembangan dengan melakukan penggerebekan ke rumah tersangka ANTO namun tersangka tidak berada di rumahnya, menurut pengakuan orang tua tersangka sudah 3 bulan lebih tidak pulang kerumah”.

” Kemudian tersangka diamankan komando Polsek Perbaungan agar dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya sesuai dengan Hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia,” tandasnya.|| Ds- red.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top