Hukum-Kriminal

KERJA KERAS OPSNAL POLSEK PERBAUNGAN, BERHASIL TANGKAP PELAKU PEMBOBOL INDOMARET

PERBAUNGAN – MITRA SIMALUNGUN, CNM Alias IRUN Alias IRUL (29), Warga Jln. Kabupaten No. 73 Simpang III Pekan Perbaungan/ Jln. Kutilang Dsn IV Desa Citaman Jernih Kec. Perbaungan Bab. Serdang Bedagai, dan M Alias AYAH (55), Warga Dusn II Desa Citaman Jernih Kec. Perbaungan Kab. Sergai, dan kawan – kawan, ditangkap Anggota Opnal Polsek Perbaungan, Sabtu (19 Mei 2018), Sekira pukul 02.30 Wib.

Pasalnya kedua orang laki-laki dewasa ini tersangka pelaku Tindak Pidana “Pencurian Dengan Pemberatan”, membobol PT INDOMARET, pada hari Selasa (01 Mei 2018), diketahui sekira pukul 06.30 Wib, di Toko Indomaret di Jln. Garuda Dusun III Desa Citaman Jernih Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai, sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat ( 1 ), ke-3e, 4e, 5e dari KUHPidana, berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / 104 / V / 2018/ SU / Res Sergai / Polsek perbaungan, tanggal 04 Mei 2018.

Informasi dihimpun, Pada hari Selasa (01 Mei 2018), sekira pukul 06.30 Wib, saat korban bekerja seperti biasa di Toko Indomaret Desa Citaman Dusun III Perbaungan akan membuka Toko, kemudian pada saat membuka toko alangkah terkejutnya, karena melihat keadaan di dalam toko Indomaret sudah dalam keadaan berantakan dan barang – barang berserakan, di bawah lantai.

Melihat hal tersebut korban kemudian keluar dari dalam Toko dan menghubungi rekan kerja korban bernama ZULFAHMI dan SRIWAHYUNI, pun datang ke Toko kemudian dan melihat benar keadaan di dalam toko Alfamaret sudah dalam keadaan berantakan.

Setelah dilakukan pengecekan secara bersama – sama, ternyata barang – barang sudah banyak yang hilang terutama susu dan rokok habis dicuri oleh Pelaku.

Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada atasan korban dan atas perintah atasan korban, korban dan saksi kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Perbaungan.

Kemudian oleh Polsek Perbaungan dilakukan cek TKP (Olah Tempat Kejadian Perkara), dan ditemukan modus pelaku masuk dari Atas atap Toko Indomaret, dengan cara mencongkel atau merusak seng bagian atas toko, sehingga pelaku masuk dari seng yang terbuka.

Kemudian para pelaku masuk kemudian mencuri/ mengambil barang-barang, yang ada di dalam Indomaret, dan pelaku dalam Lidik dan pada saat beraksi pelaku mengambil Mesin CCTV dan Layar CCTV, agar wajah para pelaku tidak diketahui, sebab saat dilakukan cek di TKP mesin CCTV dan layar TV CCTV tidak ada lagi di dalam Toko.

Pada hari Jumat (18 Mei 2018), sekira pukul 15.30 Wib, setelah 2 (dua) minggu lamanya, Team Opsnal Reskrim Polsek Perbaungan melakukan penyelidikan, akhirnya kerja keras Team Opsal Polsek Perbaungan dipimpin oleh Kanit Reskrim IPDA M. TAMBUNAN, SH membuahkan hasil dengan berhasil mengamankan 2 (dua) orang pelaku dari tempat yang berbeda.

Salah seorang pelaku sempat melakukan perlawanan dan melarikan diri, pada saat dilakulan penangkapan namun berhasil ditangkap oleh Team Opsnal Reskrim Polsek Perbaungan, dan mengamankan para pelaku.

Setelah para pelaku di amankan, kemudian Team Opsnal melakukan Interogasi terhadap pelaku IRUL, dan mengaku bahwa otak pelaku adalah tersangka sendiri, dan hasil penjualan sebanyak Rp 17.000.000,- (tujuh belas juta rupiah), pelaku mengaku mendapat Rp 3.500.000,- (tiga juta lima ratus ribu rupiah ), dan diakui oleh pelaku telah habis untuk foya-foya, dan membeli sabu sedangkan pelaku Ayah mendapat uang sebesar Rp 3.500.000,-(tiga juta lima ratus ribu rupiah).

Kemudian dilakukan penggeledahan rumah pelaku ditemukan sisa dari barang curian dari toko Indomaret handuk, celana dalam, kaos kaki dan parfum.

Saat dilakukan pengembangan terhadap Pelaku pertolongan jahat atau penadah diketahui oleh pelaku bernama ADEK, atau biasa di panggil DEDEK yang beralamat di Dusun I Desa Pagar Merbau Kec. Pagar Merbao Kab. Deli Serdang, namun pelaku tidak berada di tempat, dan akan terus di upayakan (dalam pencarian).

Sementara Kapolsek Perbaungan AKP. Ilham Harahap, SH, MH, menjelaskan bahwa,” Pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek, agar pelaku dapat dihukum, sesuai dengan Hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia,” ucapnya.|| ds-sab.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top