Sumut

KAMPANYE POSITIF ASOSIASI SAMADE ADAKAN PELATIHAN K3 LANJUTAN BERSAMA ILO

SUMUT | Mitra SimalungunAsosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) kembali menggelar kegiatan Kampanye Positif untuk menangkal Kampanye Negatif yang dilontarkan pihak asing tentang minyak sawit kotor. Pelatihan Perbaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terlaksana berkat kerjasama antara SAMADE dengan Lembaga Perburuhan Internasional (ILO) yang dilaksanakan di Aula Kedai Kopi Kombur-Kombur P. Siantar (1/12/2018).

Kegiatan Pelatihan Perbaikan K3 merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan awal yang pernah di selenggarakan oleh Asosiasi SAMADE di Bulan September 2018 di PTPN IV Kebun Bah Jambi. Dalam kegiatan ini menghadirkan kembali 25 orang petani sawit swadaya dari berbagai penjuru antara lain perwakilan Petani Sawit Swadaya dari Riau, Labuhan Batu dan Simalungun.

Irfan sebagai Direktur Perwakilan ILO Indonesia yang berpusat di Jakarta mengungkapkan bahwa ada perubahan yang dilakukan oleh Petani Swadaya antara lain inovasi perbaikan jalan penghubung, Upaya Pengendalian Ternak Lembu di areal TBM, Pengendalian Hama Oryctes, Pemahaman standarisasi Kegiatan Panen dan Angkut TBS, dan menghindari dampak resiko penjamah pestisida. Kegiatan ini mereka sampaikan melalui persentasi kelompok dan perorangan baik berbentuk sebelum dan sesudah. Hanya saja masih butuh perbaikan kembali antara lain dokumentasi. Hal ini disebabkan karena ketidak biasaan bagi Petani Sawit Swadaya mendokumentasikannya. Kami berharap perbaikan nantinya dibutuhkan pendamping dari Pengurus Samade untuk mendokumentasikan. Data ini perlu, agar masyarakat Eropa atau konsumen minyak sawit dapat melihat upaya perbaikan dan pekerjaan petani sawit swadaya tentang kampanye negatif minyak sawit kita, ungkap Irfan.

Muchtar S. Sinaga di dampingi Edi S. Sinaga (Sekjend) Samade Simalungun menyambut baik kegiatan Pelatihan ini. Harapan kami nantinya Petani Sawit Swadaya khususnya di Kabupaten Simalungun menjadi lebih mengerti dalam melakukan kegiatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di areal kebunnya masing-masing.

Ditambahkannya, kami akan selalu siap menjadi pendamping petani sawit yang merupakan anggota Samade demi perbaikan keselamatan dan kesehatan kerja. Kami berterima kasih kepada lembaga Internasional ILO yang telah membantu kegiatan ini dimana biaya seluruhnya ditanggung oleh ILO. Sebagai tambahan kami sampaikan kepada Petani Sawit bahwa di Kabupaten Simalungun akan melakukan kegiatan program PSR (Peremajaan/Replanting). Ada sekitar 160 Ha yang akan segera di replanting di Kecamatan Hatonduhan. Hal ini akan kami segera sampaikan ke Dinas Perkebunan Simalungun untuk segera mewujudkan mandatoring Dirjenbun RI No. 29/KPTS/KB.120/3/2017 tentang Pedoman Peremajaan Kelapa Sawit

Lian Raya Tarigan, perwakilan petani sawit asal RIAU mengapreasiasi kinerja Pengurus DPD Samade Simalungun yang terus membuat program kerja nyata dalam melakukan pendampingan para Petani Sawit Swadaya. Semoga program kerja ini dapat diimplementasikan ke wilayah atau daerah lainnya oleh Pengurus Asosiasi Samade.

Acara ditutup dengan penandatangan petisi STOP!!! PALM OIL BLACK CAMPAIGN oleh seluruh peserta yang hadir dan ditambah masyarakat yang melintas melihat aksi Asosiasi SAMADE.| ms.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top