Simalungun-Siantar

JALAN MENUJU TUGU SUJONO MASIH RUSAK BERLUBANG

Bandar Huluan (Simalungun) | Mitra SimalungunJalan menuju Tugu Sujono masih rusak berlubang lubang, sekira 17 KM mengalami kerusakan cukup parah, padahal setiap tahun di Tugu Sujono para Petinggi Sumatera Utara melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila (1 Oktober).

Dari Simpang Mangga Nagori Naga Jaya I Kec. Bandar Huluan sampai di Lokasi Tugu Sujono, jalan tersebut dinobatkan bernama Jalan Letda Sujono, namun mulai dari titik Nol yang disebut Jalan Letda Sujono dari (Simpang Mangga Nagori Nagajaya I), sampai ke tugu Anumerta Letda Sujono di Nagori Tanjung Kataran 17 KM, mengalami kerusakan cukup parah, jalan tersebut sudah bagaikan kubangan Gajah.

Mantan Kepala Desa Naga Jaya II Bonar Lumban Tobing mantan menjelaskan pada Media ini, Rabu (11/09), bahwa, ” Jalan Letda Sujono yang saat ini sudah cukup parah hancurnya sudah 15 tahun belum ada renopasi yang serius dari Pemkab Simalungun, tetapi setiap tahun bila hari Kesaktian Panca Sila (1 Oktober), Jalan tersebut yang berlubang ditutup batu sertu, karena para pembesar Sumatera Utara melintas menuju Tugu Sujono, mengenang peristiwa kekejaman G30S PKI, ” ucap Bonar Lumban Tobing.

Dikatakannya, ” yang melintasi Jalan ini banyak petinggi Angkatan Laut, Angkatan Darat, Angkatan Udara, Kepolisian, seluruh PNS, Panglima, Gubernur beserta petinggi lainnya se Sumatra Utara, semua kumpul di Areal Perkebunan Bandar Betsy di Tugu Sujono guna memperingati hari Kesaktian Panca Sila (01 Oktober), setiap tahunnya,” ujarnya.

Menurut Mantan Kepala Desa itu, ” Bila dilihat, jalan menuju ke Tugu Sujono sekira 17 kilo meter, sudah hancur total, semua pandangan pejabat petinggi se-Sumatera Utara, sepertinya dikibulli alias dibohongi Pemkab Simalungun, pasalnya Jalan tersebut saat 2 minggu lagi akan memasuki peringatan 1 Oktober, semua jalan berlubang besar ataupun kecil ditutup sertu, diduga agar kelihatan baik, ” jelasnya.

” Saat Hari Kesaktian Pancasila selesai batu sertu sudah mulai berserakan, sisanya jadi abu menyerang rumah warga dan pengguna jalan yang melintas, dan lubang mulai terbuka lagi, menantikan korban yang terjerumus ke lubang yang mengangah.|| whbb.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top