Desa Kita

IRIGASI NAGORI PURBAGANDA DIBANGUN, WARGA SAMPAIKAN APRESIASI POSITIF

PEMATANG BANDAR | Mitra SimalungunMasyarakat Nagori Purbaganda terutama warga petani Nagori Purbaganda kecamatan Pematang Bandar,kabupaten Simalungun, memberkan apresiasi yang tinggi dan berterimakasih atas dibangunnya saluran irigasi tersier di persawahan Daerah Irigasi (DI) Javacolonisasi.

Pembangunan saluran irigasi yang bersumber dari kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air ( SDA ) Balai Wilayah Sungai Sumatera II Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Sumatera Utara II, merupakan salah satu Program percepatan Peningkatan tata guna air irigasi kecil.

Rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi javacolonisasi Nagori Purbaganda kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun tahun 2019 dengan jumlah dana sebesar. Rp 195.000.000,- dari APBN sedangkan pelaksanaan nya dikerjakan oleh P3A Karya Bangun Nagori Purbaganda.

Pantauan Mitra Simalungun di lapangan pada sabtu (21/9), pembangunan sudah rampung sekitar 95 persen terlihat rapi dan dikerjakan dengan baik.

Kepada Mitra Simalungun, Ketua P3A Karya Bangun Sri Lestari mengatakan, “Perencanaan kegiatan ini dilaksanakan oleh tim 8 yang terdiri dari 2 orang perencana, 2 orang pelaksana, 2 orang pengawas, dan 2 orang pembelian material. Dan selaku pengurus P3A saya sendiri Sri Lestari, Sekretaris Siswoyo dan Bendahara Bunadi, yang bertugas mengkoordinir pelaksanaan kegiatan pembangunan”. Jelas Sri Lestari

Lebih lanjut Sri Lestari menjelaskan,”Pembentukan tim 8 dibentuk dari masyarakat yang sudah lama berkecimpung di P3A ini, karena dalam pelaksanaan kegiatan ini tidak boleh main sendiri sendiri, harus mengacu kepada aturan yang sudah ada. sehingga pelaksanaan pembangunan dimaksud dipastikan lebih baik. Dan untuk tenaga kerja yang di pakai adalah warga tani sekitar proyek itu sebanyak 30 orang makanya pelaksanaan kegiatan ini cepat rampung dan dapat dipergunakan oleh Petani untuk mengairi sawah nya, apalagi musim tanam sudah dekat pada Bulan Oktober”. Jelas Sri menambahkan.

Sementara dengan adanya pembangunan irigasi tersebut, Giren (64), petani sekitar proyek sangat bersyukur, “Kami sangat bersyukur Alhamdulillah, saluran irigasi dipersawahan kami di bangun, kami berterima kasih kepada Pemerintah yang sudah memberikan perhatian kepada kami petani Purbaganda, kami juga berterima kasih kepada Ketua P3A Karya Bangun dan tim yang sudah Kerja keras selama ini untuk mengurusi pertanian di Nagori Purbaganda”. Kata Giren.

Jumangin Damanik Pengurus DPD LSM GARI Kabupaten Simalungun mengatakan, “Sesuai pengamatan kami dilokasi proyek, pembangunan dijerjakan dengan baik dan sesuai aturan. Masyarakat sudah sangat gembira dan memberikan apresiasi yg baik atas pembangunan ini, untuk itu kepada seluruh masyarakat harus turut membantu dan mendukung pembangunan yang disalurkan, agar pembangunan berjalan dengan lancar”. Jelas Jumangin.

Erwin Sinaga selaku Tim Pendamping Masyarakat (TPM) saat dikonfirmasi melalui seluler nya terkait kegiatan tersebut mengatakan, “Saat ini pembangunan belum selesai 100 persen,harus ditinjau oleh tim dari SDA Sumatera II, namun sepanjang pengawasan kami, masyarakat mengerjakan dengan baik”. Ujar Erwin Sinaga. || LE.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top