OPINI KITA

HIDUP DAN KEHIDUPAN

Rekan Mitra yang Mulia 🙏

Terkadang Kita terjebak pada satu fase yang salah dalam hidup, yaitu fase mencari jati diri. Tidak ada jati diri yang hilang. Jati diri ada karena dibentuk oleh setiap orang, oleh Anda, bukan dibuat dan disembunyikan dari Anda, sehingga mereka harus mencari jati diri. Seperti apa diri Anda tergantung dari bagaimana Anda memilih hal-hal apa saja yang berpengaruh dalam kehidupan Anda.

Hidup bisa jadi suatu hal yang sangat menyenangkan, atau bahkan sangat menyedihkan. Hal ini terjadi karena perbedaan sudut pandang yang dipengaruhi latar belakang setiap orang. Untuk membuat Anda tetap bahagia, maka Anda harus memiliki sudut pandang yang positif, menganggap bahwa hidup Anda patut disyukuri dan dinikmati dengan segala kebahagiaan, bukan hanya diisi dengan kemurungan dan duka berlarut-larut.

Anda tidak bisa meramalkan masa depan, sekalipun dalam satu detik ke depan. Anda bisa saja berencana untuk menghabiskan waktu dengan siapa dan seperti apa, tapi Anda tidak bisa menjamin pasti bisa melakukan hal tersebut dan berapa lama Anda akan hidup di dunia ini. Maka dari itu, nikmati kehidupan yang Anda miliki, bersyukur dan berbahagia dengan segala yang Anda punya akan membawa Anda pada hakikat kehidupan yang sesungguhnya.

Kebahagiaan akan membuat hidup Anda lebih berwarna. Bahagia akan membuat Anda tetap bertahan meski sering mengalami kegagalan dalam hidup. Dengan membawa kebahagiaan setiap hari, setiap waktu, di manapun berada, Anda pun sebenarnya sedang melawan hal-hal buruk yang ingin membuat Anda jatuh dan bersedih.

Orang menamakan cinta sebagai sesuatu hal yang imajiner. Nyatanya, hal Imajiner ini justru membawa Anda kepada kehidupan yang baik. Dengan cinta, Anda bisa merasakan simpati dan empati, dan membuat hidup bahagia. Hidup bersama cinta dipandu dengan ilmu pengetahuan akan membuat hidup Anda seimbang.

Membiarkan sesuatu hal mengalir secara alami, sama seperti halnya Anda menerima kenyataan hidup yang Anda hadapi tanpa harus denial. Setiap masalah pasti akan mendewasakan Anda. Anda tidak perlu marah dan menolak hal-hal yang terjadi pada Anda, sekalipun hal itu sangat menyakitkan bagi Anda. Di balik setiap peristiwa, ada hal-hal baru yang bisa Anda mengerti ketika Anda sudah bisa merelakan kenyataan sebagai sebuah kenyataan, bukan lagi sebagai mimpi.

Di dunia, hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Kehidupan hanyalah sementara. Suatu saat semua yang bernyawa pasti akan mati, dan kembali kepada pencipta-Nya. Jangan menjalani hidup Anda tanpa arti.

Setidaknya, Anda bisa kembali dengan membawa kenangan baik dan tidak terlupakan. Anda tidak harus menjadi orang kaya untuk bisa membuat kenangan yang baik, tapi setidaknya bisa berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Anda juga tidak harus bekerja setiap hari sampai larut malam hingga mengorbankan jam istirahat.

Cukup kerjakan semampu dan sewajarnya tanpa harus kehilangan momen berarti bersama keluarga. Cintai hidup Anda, tetapi jangan terlalu mencintai apa yang ada dalam hidup Anda, karena Anda tidak pernah tahu kapan mereka akan berhenti mencintai Anda.

Hidup terjadi dari apa yang Anda pikirkan. Ketika Anda berpikir bahagia, hidup Anda akan membahagiakan. Ketika berpikir sebaliknya, kenyataan akan seperti itu. Hidup layaknya sebuah cermin dan diri Anda adalah pikiran Anda sendiri.

Untuk membuatnya nampak menarik dan menyenangkan, maka yang ada di dalam pikiran kita pun harus diselaraskan. Tidak ada orang yang bahagia ketika dalam pikirannya penuh dengan duka dan pikiran-pikiran negatif.

Kebahagiaan hanya datang pada mereka yang yakin bahwa hidup adalah sebuah berkat yang harus disyukuri. Tidak perlu menjalani kehidupan Anda secara rumit, jalani apa yang ada, lakukan apa yang perlu dilakukan, hindari apa yang menjadi hal buruk, dan berusaha menjadi orang yang terbaik bagi diri sendiri. Hidup hanya sesederhana itu, hidup tidak menuntut Anda menjadi orang yang hebat di segala bidang dan untuk kepentingan orang banyak.

Hidup Anda terjadi ketika Anda beraksi pada suatu hal yang sebenarnya sederhana. Sesuatu yang baik bisa menjadi hal buruk bagi hidup Anda dan sesuatu yang buruk bisa memberikan hal yang baik pada diri Anda. Hasil akhirnya tergantung dari bagaimana Anda menyikapi keadaan dari suatu kejadian yang terjadi pada diri Anda. Maka jangan heran ketika Anda mengetahui ada orang yang tetap bahagia meski dirundung banyak masalah. Mungkin Anda harus belajar bagaimana caranya menyikapi secara positif pada masalah yang negatif.

Hal yang paling membatasi Anda dengan kebahagiaan dalam hidup adalah perilaku yang buruk. Perilaku yang buruk tidak pernah membawa Anda pada suatu keadaan yang baik dan menyenangkan. Anda akan dipenuhi oleh hal-hal yang tidak menyenangkan terus menerus dan efeknya akan membawa Anda pada kejadian yang tidak pernah positif. Akhirnya, Anda merasa bahwa hidup Anda tidak menyenangkan dan sama sekali tidak membahagiakan.

Waktu adalah bagian dari setiap orang yang tidak bisa diambil dan diputar kembali. Waktu adalah satu-satunya hal yang paling berharga karena memiliki waktu sama saja dengan memiliki kesempatan untuk membuat hidup secara lebih baik. Namun ketika Anda dengan mudahnya membuang waktu satu jam hanya untuk berdiam diri saja, maka Anda tidak menyadari bahwa Anda telah membuang satu jam untuk membuat kebahagiaan.

Pikiran adalah kunci dari terjadinya kejadian dalam hidup Anda. Ketika Anda yakin bahwa hidup Anda menyenangkan, alam akan membantu Anda mewujudkan apa yang Anda pikirkan. Hal ini sangat penting untuk diterapkan bila Anda menginginkan hidup yang bahagia. Hidup yang membahagiakan tidak berasal dari orang lain, tetapi berasal dari diri Anda sendiri.

Selalu ikhlas bekerja daripada apa yang dibayarkan kepada Anda saat ini, maka Anda akan meraih sebuah hasil yang berlipat ganda pada masa mendatang. Buat komitmen mulai hari ini untuk selalu memberikan yang terbaik, apapun yang Anda kerjakan setiap hari.|| Redaksi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top