OPINI KITA

Hati-Hati IRI dan DENGKI

Rekan Mitra Yang Baik Hati, ANDA sedang Menjalani HIDUP, hati-hati dengan IRI atau DENGKI.

Dunia, akan jadi tempat yang lebih Indah jika kita masing-masing punya itikad yang baik satu sama lain dan ingin memberi satu sama lain.

Tapi, ini juga bukan dunia yang ideal dimana meskipun kita sudah mempunyai itikad baik terhadap orang lain dan berusaha bersikap yang seharusnya, mungkin kita akan mendapati sikap tidak seperti yang diharapkan.

images (5)

Simple, orang tidak sama begitu juga dengan wataknya. Bertemu dan berinteraksi dengan orang yang mempunyai watak Kurang Baik atau bahkan ” JAHAT ” itu sendiri adalah bagian dari ujian hidup dimana kita harus bersabar dengan itu.

Mungkin, anda pernah merasa kebingungan, kesalahan apa yang anda lakukan sehingga seseorang punya energi dan waktu yang begitu besar untuk ‘ memperhatikan ’ anda, tapi bukan untuk suatu itikad atau tujuan yang baik.

Itikad atau tujuan baik itu misalnya peduli, ingin membantu atau berbagi. Tapi yang anda dapati bukan itikad seperti itu.

Ciri-Ciri Orang Yang Mempunyai Sifat Iri dan Dengki :

Selalu Ingin Tahu Yang Anda Lakukan Dengan Tujuan Yang Tidak Baik.

Anda mungkin pernah merasa dimata-matai seseorang dengan tujuan yang anda tidak mengerti. Orang itu punya energi dan waktu yang begitu besar untuk selalu mencari tahu apa yang sedang anda lakukan. Tapi, bukan karena sebuah kepedulian atau keinginan yang baik.

Keingintahuannya tentang apa yang anda lakukan pada orang yang punya sifat dengki adalah berasal dari rasa kekhawatiran di dalam dirinya bahwa anda akan menuju sebuah keadaan yang lebih baik.

Secara naluri orang yang iri dengan anda menganggap anda adalah kompetitornya. Jadi dia ‘khawatir’ anda jadi lebih baik, lebih sukses, lebih kaya atau jadi lebih dalam hal apapun dari dirinya.

Dia ingin tahu apa yang anda lakukan atau apa perkembangan anda karena ingin ‘mengantisipasi’ itu. Jadi usahanya dalam mencari tahu yang anda lakukan adalah supaya dirinya bisa melakukan sebuah ‘pembalasan’ atau sekedar ingin menunjukkan kalau dia bisa melakukan hal yang sama.

Jika anda pernah mengalami seperti ini, mungkin anda sedikit terkejut dengan ‘kerasnya’ usahanya untuk mengetahui yang anda lakukan. Bahkan meluangkan banyak waktu dan energi untuk itu seolah-olah dia tidak punya hal lain untuk dikerjakan. Terlebih lagi jika anda mengetahui kalau dia orang yang sibuk dan punya banyak hal yang harus dilakukan, itu membuat anda semakin terkejut karena begitu kerasnya dia masih meluangkan waktu dan energinya untuk anda.

Dalam usahanya untuk mengetahui yang anda lakukan itu, dia berusaha menggunakan semua ‘akses’ yang mungkin bisa dia dapat tentang anda. Dan itu bisa apapun.

Selalu Ingin ‘Reply’ Yang Anda Katakan Dan Membalas Yang Anda Lakukan, Salah satu kerepotan yang ditimbulkan orang yang mempunyai sifat iri dan dengki adalah, apapun yang anda katakan dan lakukan itu diartikan ditujukan ke dirinya, meskipun sebenarnya tidak.

Meskipun anda mengatakan dan melakukan hal yang biasanya anda katakan dan lakukan ( seperti aktifitas sehari-hari). Jadi kalau anda harus menuruti itu, seolah-olah anda tidak boleh mengatakan dan melakukan apapun ( Hanya dirinya saja yang boleh ).

Karena orang yang iri tidak mau kalah, itu membuatnya merasa apapun yang anda katakan dan lakukan sebagai ‘serangan’ yang dia harus membalasnya. Jadi kalau anda terlalu memikirkan hal itu, itu bisa menghalangi anda untuk melakukan apapun yang harus anda lakukan. Seperti halnya semua orang di dunia ini, anda berhak mengatakan dan melakukan apapun, selama anda tidak punya itikad buruk kepada orang lain dan tidak merugikan orang lain.

Satu hal yang pasti, orang yang iri dengan anda berarti menganggap anda istimewa. Kalau tidak karena menganggap anda istimewa, orang itu tidak akan memikirkan anda. Kalau anda tidak punya ‘sesuatu’, orang itu tidak akan mengeluarkan banyak waktu dan energinya hanya untuk memikirkan dan mengurusi hidup anda. Orang yang punya sifat iri dan dengki, pada dasarnya hanya ingin dalam hal apapun, dia jadi yang paling ( Tidak mau orang lain sejajar dengan dirinya ). Darisitu dia punya ‘kepekaan’ mana orang yang keberadaannya mengancam dan tidak mengancam eksistensi dirinya.

Dia bisa membedakan mana yang punya potensi dan mana yang tidak. Jadi mungkin anda akan melihat orang yang iri dan dengki mempunyai sikap yang berbeda-beda terhadap orang yang berbeda. Untuk orang yang dia merasa tidak punya potensi mengancam eksistensi dirinya, dia akan bersikap baik dan bahkan mungkin berusaha mengambil keuntungan dari orang itu.

Tapi kepada orang-orang yang dia merasa punya potensi mengancam eksistensi dirinya, dia akan bersikap berbeda yaitu sikap iri dan dengki seperti yang sedang kita bahas.

Darisini anda tahu, bersyukurlah jika masih ada orang yang iri dengan anda. Itu artinya anda masih punya ‘sesuatu’. Kalau sudah tidak ada sama sekali orang yang iri dengan anda itu justru bencana. Semakin anda istimewa akan semakin banyak yang iri dengan anda.

Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin menerpa. Ingatlah semua orang punya urusan yang penting, jika anda tidak istimewa tidak akan orang mau mengeluarkan waktu dan energi hanya untuk mengurusi anda.

Orang yang iri dan dengki dengan anda, seolah-olah punya TV yang besar sekali di rumahnya yang 24 jam sehari menyiarkan tentang anda. Dan dia meluangkan banyak waktu untuk menonton itu. Apapun yang anda katakan dia selalu ‘Reply’ itu dan apapun yang anda lakukan dia akan selalu berusaha melakukan “Hal-Hal Tandingan”. Kalau anda mengatakan sesuatu, dia akan ‘reply’ yang anda katakan dan berusaha untuk membuktikan kalau yang anda katakan salah. Disaat anda melakukan sesuatu, dia akan berusaha melakukan hal-hal tandingan yang intinya ingin menunjukkan pada anda bahwa “Gw juga bisa”. Orang yang iri dan dengki intinya selalu tidak mau kalah dengan anda. Jadi salah satu ciri terkuat selalu ingin ‘follow’ anda. Misal anda beli baju baru dia juga langsung beli baju baru, anda beli sepatu baru dia beli sepatu baru juga, anda pasang parabola di rumah dia pasang parabola yang lebih besar, anda bikin lapangan futsal dia bikin stadion bola dsb.

Dalam satu dan lain hal mungkin anda akan menemui sikap orang yang iri dan dengki akan aneh sekali. Jika orang iri dengan orang yang hidupnya lebih baik dari dirinya dan mempunyai lebih banyak hal dari dirinya, itu wajar. Tapi kadang ada juga orang yang iri dengan orang yang kehidupannya tidak lebih baik dari dirinya dan mencapai lebih sedikit hal dari dirinya.

Itu kan aneh sekali. Tapi hal seperti itu bisa terjadi jika orang yang iri merasa ada orang yang mempunyai potensi menjadi lebih dari dirinya jika mendapatkan kesempatan. Karena orang yang iri itu tahu kalau orang tersebut sekali mendapatkan kesempatan akan bisa mengalahkan dirinya, maka dia insecure dan iri terhadap orang tersebut.

 

Senang Disaat Anda Susah Dan Susah Disaat Anda Senang.

Orang yang punya sifat iri dan dengki tidak ingin anda lebih dari dirinya. Jadi dia sangat tidak senang disaat anda meraih sesuatu yang lebih baik dan sebaliknya merasa senang dan menang disaat anda sedang kesusahan.

Ini kembali lagi karena nalurinya selalu merasa bahwa anda kompetitornya. Pada dasarnya dia ingin dia yang selalu menang dan anda selalu kalah. Dia menciptakan situasi “Dia Vs Anda” jadi apapun yang anda lakukan atau terjadi pada anda, dia akan melihatnya dari sudut pandang itu. Ini berhubungan erat dengan ciri yang pertama tadi. Kenapa dia selalu ingin tahu yang anda lakukan itu adalah karena kekhawatiran anda akan berada dalam kondisi yang lebih baik.

Seperti yang sudah bisa kita simpulkan, iri dan dengki termasuk dalam sifat yang “Jahat” dan itu bisa memicu orang melakukan hal-hal yang jahat. ‘Ekspresi’ tiap orang dalam menindaklanjuti sifat iri dan dengki berbeda-beda kadarnya. Tapi dalam bentuk yang terburuk itu bisa memicu orang untuk melakukan hal yang sangat jahat. Hal-hal yang jahat itu misalnya orang yang iri dengan anda berusaha menjegal langkah anda, menghalang-halangi langkah anda untuk sukses atau maju, berusaha menggagalkan dan menjatuhkan anda dsb. Tapi yang sampai sejahat ini biasanya jarang, kebanyakan tidak sampai melakukan hal-hal sejauh itu. Hanya sekedar ingin melampiaskan apa yang dirasakannya tentang anda saja, kebanyakan sebatas itu. Hanya ingin mengatakan atau melakukan sesuatu yang bisa membuat dirinya puas dan merasa lebih menang dari anda.

Kalau sekarang pertanyaannya dibalik, kenapa hal-hal yang saya sebutkan di atas itu bisa menjadi ciri-ciri orang yang iri dan dengki?

Sekarang, kita logika saja apapun yang anda lakukan kalau itu tidak merugikan orang lain, apa alasan orang-orang tertentu untuk terganggu dengan itu? Isitilah gaulnya kenapa jadi rempong sendiri dengan hal-hal yang anda lakukan sementara anda tidak merugikan dirinya.

Tidak ada alasan untuk orang terganggu dengan anda kalau anda tidak melakukan hal-hal yang merugikan dirinya, selain orang yang iri dan dengki.

 

Katakanlah: “ Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai Subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.| Sab.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top