Ekonomi-Bisnis

Gubsu Buka Tebingtinggi Ekspo 2017, UKM Harus Tingkatkan Kualitas Agar Mampu Bersaing

Tebingtinggi-Mitra Simalungun, Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi diwakili Asisten Umum H OK Zulkarnain mengingatkan, untuk menghadapi kondisi globalisasi saat ini, ada dua hal yang harus dilakukan yakni meningkatkan kapasitas lokal dengan kualitas terbaik dan menyiapkan blueprintnya.

“ Persaingan global secara terbuka kedepan semakin ketat dan kompleks, jika para pelaku ekonomi khususnya UKM tidak menyiapkan hasil produknya dengan kualitas terbaik, akan tergilas dan tidak mampu bersaing”, kata Gubernur Sumatera Utara saat membuka Tebing Tinggi Ekspo 2017, Selasa malam (8/8), di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo kota setempat.

Gubsu juga menyampaikan, Pemerintah Provsu memberikan apresiasi kepada Pemko Tebingtinggi dan jajaran pelaku ekonomi di kota Tebingtinggi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“ Ajang Tebingtinggi Expo ini cukup meriah yang membawa kebaikan bagi pertumbuhan ekonomi tidak saja untuk Kota Tebingtinggi tetapi juga Provinsi Sumatera Utara”, katanya.

Menurut Gubsu, banyaknya event exhibition (pameran) produk lokal yang dilakukan di beberapa daerah kabupaten/kota di Sumatera Utara merupakan pertanda kondisi keamanannya sangat kondusif.

“Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi investor dari luar, dan menjadi kompetisi buat para pengusaha lokal semakin ketat, untuk itu, hasil produk lokal harus tetap menjaga kualitasnya”, imbuhnya.

Sebelumnya Walikota Tebingtinggi diwakili Asisten Adm Umum Muhamad Dimiyathi menyampaikan, ajang ekspo ini merupakan tempat promosi dan sekaligus bisnis bagi produk lokal.

“Pemerintah Kota Tebingtinggi telah banyak memberikan perhatian khusus bagi UMKM, melalui seminar, pelatihan, bantuan peralatan bahkan modal usaha termasuk pula pameran-pameran guna meningkatkan hasil produk lokal di pasaran”, paparnya.

Dikatakan juga bahwa Kota Tebingtinggi ingin maju kedepannya, tidak ada jalan lain kecuali memberdayakan seluruh potensi yang ada, dengan memantapkan kebersamaan antar kelompok usaha di masyarakat.

Sementara Kadis Perdagangan Syahnan Hasibuan dalam laporannya menyampaikan, Tebingtinggi Ekspo 2017 ini diikuti oleh 12 instansi, 3 perbankan, Usaha Mikro 25, Koperasi 5 dan simpul-simpul usaha mikro 5 serta tanpa keikutsertaan BUMN dan BUMD di luar perbankan.

Pada Tebingtinggi Ekspo ini juga digelar berbagai kegiatan lainnya, selain pameran juga perlombaan dari mulai siswa TK sampai ke umum dan berlangsung mulai 5-11 Agustus 2017.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan kepada beberapa PNS dan Non PNS yang diserahkan BPJS Cabang Tanjung Morawa. (Rey)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top