Sumut

Gelar Uji Jalan, PPKS Berhasil Formulasikan B50 untuk Mobil

Mitra Simalungun | MedanPPKS menggelar uji jalan mobil yang menggunakan bahan bakar campuran B50 atau 50% biodiesel berbahan baku sawit dan 50% minyak solar.

Peluncuran uji jalan itu dilakukan di Kantor PPKS Jalan Brigjen Katamso Medan, Jumat (25/1/2019) pagi.

“Mobil ini akan meluncur dari Medan ke Jakarta, begitu juga sebaliknya, dari Jakarta ke Medan. Mobil ini akan menjelajah sepanjang 5000 kilometer, mulai tanggal 25 Januari ini dan diproyeksikan kembali ke Medan tanggal 31 Januari,” ujar Direktur Utama PPKS Dr Hasril Hasan Siregar kepada para wartawan sebelum acara peluncuran.

Saat itu ia didampingi Anshori Nasution, peneliti muda PPKS lulusan salahsatu perguruan tinggi di Jepang dan menjadi penemu B50 untuk uji jalan tersebut, Ketua.SP-BUN PPKS Ilham Lubis, Darwin Pohan, Edy Supriyanto, Suhardiman, dan belasan peneliti lainnya dari PPKS.

Kata Hasril, uji jalan B50 ini didukung oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian dan holding PTPN.

Kata.Hasril, saat ini Balitbangyantan dan holding PTPN.berusaha untuk meningkatkan nilai tambah dan pengginaan minyak mentah sawit atau crude palm oil (CPO) untuk dalam dan luar negeri.

Ia menuturkan, nanti sesampainya di Jakarta, Anshori Nasution selaku peracik B50 yang ikut dalam uji jalan itu, dan rombongan akan diterima oleh Kepala Balitbangtan Kementan yang juga Komisaris Holding PTPN Prof Dr M Syakir. (hen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top