Batu Bara-Asahan

Gedung Baru Makopolres Batubara Diresmikan, Kapoldasu Bilang Akan ‘Jewer’ Kapolres

Photo: Kapolda Sumut Irjen (Pol) H. Agus Andriyanto SH, MH saat menandatangani prasasti Gedung Baru Mapolres Batubara.

Mitra Simalungun | Batu BaraGedung baru Markas Komando Kepolisian Resor (Makopolres -red) Batubara diresmikan, persemian gedung berbiaya dari anggaran APBN senilai lebih dari Rp. 6 milyar tersebut dilakukan oleh Kapolda Sumut Irjen (Pol) H. Agus Andriyanto SH, MH, dijalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Limapuluh, Kec. Limapuluh, Kab. Batubara pada Kamis (31/10/2019).

Dalam laporannya, Kapolres Batubara AKBP. Robinson Simatupang SH, M.Hum menguraikan bahwa kontraktor yang memenangkan tender di LPSE melalui sistem Unit layanan Pengadaan (ULP) adalah PT. Polung Karya Abadi. Sedang tipe bangunan gedung yakni tipe 1185 yang seyogyanya 1 lantai dirubah menjadi 2 lantai dengan waktu pengerjaan selama 150 hari kerja.

Demikian luas tanah yang diperuntukkan pada gedung utama, lalu diperkecil dari rencana sebelumnya. Akan tetapi kelebihan tanah yang letaknya persis dibelakang gedung utama dimanfaatkan untuk gedung baru kantor Satreskim dan kantor Sattahti serta kantin Bhayangkari. Sementara eks kantor Satreskrim yang lama akan direlokasi untuk sekolah TK Bhayangkari.

Masih menurut penuturan Kapolres Batubara, bahwa pihaknya telah mengusulkan gedung 8 Polsek dari 4 Polsek yang sekarang sudah ada dijajaran Polres Batubara. Begitu pula Robinson mengungkapkan, kalau kantor Polsek Limapuluh sampai hari, masih menyewa disebuah ruko dibilangan jalainsum desa Perkebunan Dolok, kecamatan Limapuluh.

Selanjutnya masih dalam acara yang sama, ketika memberikan kata sambutan, Bupati Batubara Ir. Zahir M.AP mengatakan pihaknya kini sedang merencanakan pembangunan Perkantoran 1 (satu) atap di areal tanah PT. Socfindo seluas 50 hektar untuk tahap awal. “Kami sedang merencanakan ada kantor di satu lokasi, dan sebagai tahap awal Socfindo bersedia melepas tanahnya seluas 50 hektar”, ungkapnya.

“Mudah-mudah dengan keberadaan gedung baru ini, Polres Batubara dapat menjalankan tugas Kepolisian di kabupaten Batubara dengan lebih nyaman. Dan perlu kami laporkan bahwa selama ini kerjasama antara Pemkab dan Polres Batubara tetap berjalan dengan sangat baik, semoga kedepan akan semakin bertambah lebih baik lagi”, bilang Zahir.

Sementara itu, dalam amanahnya, Kapolda Sumut Irjen (Pol) H. Agus Andriyanto SH, MH menegaskan bahwa Polres Batubara ada karena adanya kabupaten Batubara. Oleh karenanya Polres Batubara wajib mendukung pemerintah kabupaten Batubara guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Batubara. Seoptimal mungkin Polres Batubara bersinergi dengan semua pihak dalam mengawal pembangunan demi menciptakan kesejahteraan terutama bagi masyarakat Batubara.

“Mudah-mudahan kehadiran gedung baru Makopolres Batubara ini bisa meningkatan kinerja dan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Dan kiranya Polres Batubara bisa memenuhi harapan masyarakat, kalau tidak bisa memenuhi harapan dan menyalahi aturan, silahkan laporkan kepada Poldasu. Tapi jangan terus melambung-lambung sampai ke Jakarta. Saya jamin, nanti pasti kami yang akan lebih dulu ‘men-jewer’ Kapolresnya”, ucap Kapoldasu.

“Saya ingatkan bahwa pemerintah daerah adalah merupakan kepanjangan tangan dati pemerintah pusat, semua program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat adalah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Agar yang diprogramkan dapat tetap dapat berjalan, maka bangun kerjasama dan mobilisasi seluruh badan usaha didaerah guna mengalokasikan Dana CSR demi tujuan kesejahteraan masyarakat”, kata Irjen Agus menyarankan.

Kapoldasu juga mengatakan, mudah-mudahan dibawah kepemimpinan pak Zahir terkait perizinan dapat dipermudah. Dan pemkab Batubara bisa menyerderhanakan panjangnya retetan birokrasi sehingga kemudian akan membantu investor yang ingin menanamkan modalnya diwliayah kabupaten Batubara. Kapoldasu juga memerintahkan agar Polres Batubara mampu menjamin kwalitas pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya bisa membantu pemerintah setempah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat luas. “Tolong kepada Bhabinkamtibmas, kalau ada masyakarat belum dapat BPJS dan Kartu sehat agar dibantu, tapi kalau yg gak dapat kedua-duanya, bawa saja berobat ke Rumah sakit Bhayangkara, saya jamin itu. Pokoknya jangan berhenti berbuat baik kepada masyarakat”, ujarnya.|| BP.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top