Sumut

DIDUKUNG PTPN4 PELATIHAN PETANI SAWIT BERKELANJUTAN SAMADE SUKSES TERLAKSANA

Photo : Pelatihan untuk para petani sawit berkelanjutan, mengikuti dengan Khikmat (Keterangan photo : Dokumen Mitra Simalungun).

Simalungun (SUMUT) – Mitra Simalungun, Lahan perkebunan kecil dapat memproduksi sekitar 40% dari total pasokan minyak sawit dan minyak inti sawit di dunia.

Tantangan bagi negara-negara produsen minyak sawit adalah meningkatkan hasil dari lahan yang telah ada. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memberikan pelatihan bagi para petani.

Hal itu dilaksanakan Asosiasi SAMADE DPD Kab. Simalungun, didukung PTPN4 dilaksanakan di Aula Wisma Sitalasari Bah Jambi selama dua hari (14 – 15 Mei 2018), berlangsung sukses.

Adapun sebagai Nara Sumber pelatihan tersebut Sebagai yaitu Yabani, SP dari PPKS Marihat tentang Pembibitan, Muchtar Sudito Sinaga, SP, MM dari Gunung Bayu tentang Panen dan angkutan, Dahniar Jonas Purba, SP dari
PTPN4 Gunung bayu tentang Pemupukan, dan Henry Marpaung dari Pegiat sawit membahas tentang Sawit Berkelanjutan, serta Teguh Kurniawan, SP dari Medan (Ketua Koperasi Umum Samade), membahas tentang koperasi.

Photo : PTPN IV serahkan sertifikat bagi peserta Petani Sawit Berkelanjutan kepada Petani Sawit (***).

Menurut Ketua DPD SAMADE Kab. Simalungun Muchtar Sudito Sinaga, SP, MM mengatakan,” Metode pertanian yang berkelanjutan, efisiensi produksi, serta standar kesehatan dan keselamatan bekerja yang tinggi adalah beberapa persyaratan penting bagi sertifikasi produksi minyak sawit. Petani kecil sawit dapat belajar untuk mendapatkan sertifikasi melalui program pelatihan khusus.

“ Kami ingin mengubah pasar dengan cara membangun industri minyak sawit berkelanjutan. Agar dapat melakukan hal tersebut, kami membutuhkan solusi dan program-program yang dapat meningkatkan produktivitas panen petani kecil sawit di Provinsi Sumatera Utara pada umumnya, khususnya di kabupaten simalungun,” Ujar Ketua DPD SAMADE Kab. Simalungun Muchtar Sudito Sinaga, SP, MM.

SAMADE didukung sepenuhnya oleh PTPN4, yang mendukung program, dan memberikan bimbingan kepada petani sawit serta kegiatan-kegiatan di daerah setempat, membuat program pelatihan bagi para petani. Program petani kecil sawit ini diterapkan oleh SAMADE yang bekerja sama dengan mitra kelompok tani, melatih dan mendukung pengajar dalam melakukan pelatihan serta terus mendukung kegiatan-kegiatan petani hingga selesai. Para pengajar merupakan pemerhati sawit berkelanjutan,” Yabani, SP dari PPKS Marihat tentang Pembibitan, Dahniar Jonas Purba, SP dari PTPN4 Gunung bayu tentang Pemupukan, dan Henry Marpaung dari Pegiat sawit membahas tentang Sawit Berkelanjutan, serta Teguh Kurniawan, SP dari Medan (Ketua Koperasi Umum Samade), membahas tentang koperasi,” ucap Muchtar Sudito Sinaga, SP, MM dari Gunung Bayu yang memberi bimbingan tentang Panen dan angkutan.

” Program ini diharapkan mampu membangun rantai pasok minyak sawit dan minyak inti sawit berkelanjutan. Rantai ini dapat meningkatkan taraf hidup petani kecil sawit sehingga produk mereka dapat memenuhi standar dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Dari sekitar 50 petani yang mengikuti program ini, diantaranya akan belajar aspek-aspek berbeda.

Misalnya praktik pertanian terbaik (GAP) yang dilakukan melalui pelatihan langsung. Contohnya, pengukuran tingkat keberhasilan perkebunan berkelanjutan serta cara meningkatkan hasil panen.

” Program ini ditargetkan untuk menjangkau seluruh petani sawit di Provinsi Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Simalungun,” tukasnya.

” Produktivitas perkebunan kecil minyak sawit diperkirakan 40 persen lebih rendah dari rata-rata produksi perusahaan besar. Hasil dari metode-metode pelatihan pertanian berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan hasil panen buah sawit sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani-petani kecil.

“ Hal ini dapat menarik minat produsen produk-produk minyak sawit untuk lebih bertanggung jawab. Tidak hanya dalam membeli produk-produk minyak sawit berkelanjutan, tetapi juga dapat berinvestasi pada rantai pasok minyak sawit yang lebih berkelanjutan,” ucapnya.

” Menurutnya, program ini berkontribusi untuk membangun rantai inklusif dan berkelanjutan, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kehidupan petani sawit mandiri di Kabupaten Simalungun.

Sementara Ir. Sukiman (Manejer Distrik I) selaku yang dihunjuk Manejemen PTPN yang diwakili Fery Nasution mengatakan selamat dan sukses atas terselenggaranya Pelatihan Sawit Berkelanjutan yang diprakarsai DPD SAMADE Simalungun. Semoga petani sawit nantinya dapat mengadopsi pembelajaran dari para nara sumber untuk meningkatkan produksi kelapa sawit yang ramah lingkungan. Sehingga akan dihasilkan mutu TBS yang berkualitas dan berkuantitas. PTPN IV sangat mensuport kegiatan bagi petani sawit, dimana Perusahaan ini berada ditengah-tengah masyarakat kabupaten Simalungun khususnya petani sawitnya. Hadir juga dari pihak Perusahaan yaitu Fardi Nanda Sanjaya, SH. MH (Kasubag SDM dan Umum Distrik I).|| sab.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top