Agro

Desa Pardomuan Nauli Rencana Pola Tanam Padi, UPTD Pertanian Tidak Hadir

Pematang Bandar – Mitra Simalungun, Desa Pardomuan Nauli rencana Pola Tanam Padi di Balai Desa Pardomuan Nauli Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun, Sabtu (16/9), sekira jam 09.30 Wib.

Dilaksanakan Rencana Pola Tanam Padi guna memajukan perokonomian di Desa Pardomuan Nauli di bidang sektor pertanian.

Tampak hadir Kepala Desa Pardomuan Nauli Reguel Sidabutar, Camat Kecamatan Pematang Bandar Juraini Purba, SE.MSI, mewakilli Polsek Perdagangan Bripka Juara Gultom, mewakili Koramil Perdagangan Serka P. Manungkalit, dan tampak hadir Penyulu Pertanian Sahnun Nasution.

Photo : Saat Rapat di Balai Desa Pardomuan Nauli (whbb).

Pertemuan Rapat Petani tersebut terlaksana berkat bantuan Asuransi
Pertanian PT. Jasindo.

Dalam rapat tersebut Kelompok Tani (Poktan), dan para Petani tampak hadir.

Kepala Desa Pardomuan Nauli Reguel Sidabutar menjelaskan,” Situasi saat ini di Pardomuan Nauli masih panen berjalan, tapi sudah kita rencanakan, harus tutup tanam sebelum hari Natal di bulan Desember 2017, tujuannya adalah supaya terlaksana perobahan ekonomi di bidang sektor pertanian,” ucap Reguel.

Didalam rapat tersebut kepala desa memutuskan bahwa turun kesawah (pengolahan lahan* red), pada tanggal 1 Oktober 2017, sampai dengan 21 Oktober tahun 2017, semai bibit tanggal 7 Oktober, dan tanam pada tanggal 28 Oktober, tutup tanam sebelum tanggal 25 Desember,” ucap Pangulu.

Camat Pematang Bandar Juraini Purba, SE.Msi, menegaskan,” Apa yang sudah diputuskan dalam rapat harus dilaksanakan, buat kelompok tani harus memberi Suport sebagai semangat pada Petani yang di pimpinnya,” ujar Juraini Purba.

Rapat rencana Pola Tanam tersebut berjalan lancar dan tertib, walaupun UPTD Pertania Dohari Sinaga, SP tidak hadir dalam rapat, padahal Rapat Pertanian adalah pelaksanaan itu seharusnya UPTD Pertanian yang melaksanakan.

Sementara Pemerhati Pertanian Kabupaten Simalungun WH. Butarbutar, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Anak Bangsa (LSM PAB) Kab. Simalungun mengatakan,” selama Dohari Sinaga menjadi UPTD. Pertanian di Pematang Bandar bisa kacau balau Pola tanam di Pematang Bandar, sebab Andohar Sinaga Tidak hobbi di bidang Pertanian, UPTD Pertanian Dohari Sinaga Hobbynya hanya cari Tusor (Tuak Sore * red), mohon pada Kadis Pertanian Kab. Simalungun JANPOSMAN PURBA, kiranya dapat menindak UPTD. Pertanian Dohari Sinaga,” ucap WH. Butarbutar.

Melalui saya LSM Peduli Anak Bangsa (LSM PAB) permintaan para Petani di Pematang Bandar, agar mengembalikan Ir. Isak Ansari, menjadi UPTD. Pertanian di Pematang Bandar kembali, apa lagi Ir. Isak Ansari, adalah Putra Daerah Kec. Pematang Bandar,” ucapnya.|| whbb ~ red.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top