Batu Bara-Asahan

Bupati Batubara Akan Bangun Makam Pahlawan Sebagai Bukti Hormati Veteran Perang RI

Batu Bara | Mitra SmalungunSebagai salah satu bukti penghormatannya terhadap para veteran perang yang telah ikut berjuang memerdekakan Republik Indonesia, Bupati Batu Bara Ir. Zahir M.AP dipastikan akan melakukan penambahan anggaran dalam R-APBD Batu Bara pada tahun 2020 mendatang.

Hal ini diungkapkan Zahir dalam rangka acara temu ramah antara unsur Forkopimda (Bupati Batu Bara, Kejari, Kapolres dan Dandim 02/AS) dengan 53 orang veteran eks perang Kemerdekaan RI di Aula Kantor Bupati setempat, “sudah saya bilang tolong dianggarkan. Kami ingin kalau sudah dapat tanah, kita punya taman makam pahlawan Kabupaten Batu Bara”, tegasnya.

“Terima kasih kepada Veteran, kalau tidak ada bapak-bapak, kami pun tidak ada. Untuk mengenang sejarah bangsa kita, maka harus selalu mengingat dan memperhatikan veteran yang sudah berjuang. Ada 53 jumlah Veteran yang akan kita naikkan golongannya berdasarkan peraturan pemerintah yaitu UU Nomor 31 tahun 2018, yang sudah disahkan oleh pak presiden RI Jokowi widodo”, ungkapnya.

“Kenaikkan tunjangan kepada para veteran merupakan salah satu penghormatan bagi bekas pejuang Kmerdekaan RI, khususnya di Kabupaten Batu Bara. Untuk itu pemerintahan Kabupaten Batubara turut mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Joko Widodo yang telah menerbitkan peraturan baru, dengan memberikan tambahan dana ‘KEHORMATAN’ kepada para veteran yang sebelumnya Rp. 730 ribu sekarang menjadi Rp. 938 ribu”, bilangnya.

Lebih lanjut Bupati Batu Bara menguraikan, bahwa terkait dana kehormatan veteran dari Presiden juga telah ditingkatkan sesuai dengan golongan. “Golongan A tunjangan yang diterima dulunya Rp. 1.600.000 sekarang menjadi Rp. 2.000.000, sedangkan golongan B sebelumnya Rp. 1.550.000 kini dinaikan menjadi Rp. 1.938.000, dan Golongan C sebelumnya Rp. 1.500.000 saat ini menjadi 1.800.000”, sebut Zahir

Sedangkan golongan D dulunya mendapat tunjangan Rp. 1.450.000 kemudian menjadi Rp. 1.813.000, tetakhir golongan E tunjangan sebelumnya Rp. 1.400.000 lalu menjadi Rp. 1.750.000. Selanjutnya untuk janda dan duda serta yatim piatu, berdasarkan aturan tidak boleh ada potongan. “Kalau ada yang pemotongan, bilang sama saya biar saya pecat”, kata Bupati dengan nada tegas.

Sementara itu, Bupati Batu Bara juga akan memprogramkan agar pada waktu lebaran Haji (Idul Adha) di tahun 2020 nanti, pemkab Batu Bara akan khusus menyerahkan 1 ekor lembu kepada para veteran. Tidak disitu, Zahir pun juga berjanji agar veteran di kabupaten Batubara bisa mendapatkan kartu kesehatan BPJS yang bersifat gratis.

Sama halnya disela-sela pidato penutup, Zahir pun berjanji akan memberikan tunjangan kesejahteraan kepada guru ngaji dan penggali kubur. “Ini juga harus kita perhatikan, kita akan berikan tali asih kesejahteraan. Dan kepada veteran nanti akan kita berikan piagam yang ditanda tangani oleh Bupati, Dandim dan Kapolres”, ujar pria kelahiran desa Simpang Dolok itu.|| Bim.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top