ASUTANSI : ASURANSI USAHA PERTANIAN PEM. BANDAR

ASUTANSI : ASURANSI USAHA PERTANIAN PEM. BANDAR

    by -
    0 21

    Pematang Bandar-Mitra Simalungun, Sunggu meyangkinkan Desa Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar tentang pelaksanaan Asuransi Usaha Pertanian Padi (ASUTAN).

    Pelaksanaan Asuransi Usaha Pertanian dianjurkan Peraturan Mentri Pertanian Nomor.40/permentan/ SR.230/ 7/ 2015.

    Telah ditetapkan Fasilitas Asuransi Pertanian di seluruh Indonesia, Guna menindak lanjuti pasal 31 Peraturan Mentri Pertanian Nomor.40/ Permentan/ SR.230/ 7/ 2015, tentang Fasilitas, Asuransi Pertanian, mengingat Undang Undang Nomor.19 Tahun 2013, tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

    Asuransi Pertanian merupakan pengalihan resiko yang dapat memberikan ganti rugi akibat kerugian usaha tani, oleh sebab itu sangatlah penting untuknya melindungi Usaha tani.

    Menurut Penyulu Pertanian Lapangan (PPL) AGUS EDI SANTOSO.SP. di meja tugasnya, Senin (19/6/2017), menerangkan pada media ini mengatakan,” Desa Purbaganda dari luas hampar 290 HA, yang masuk Asuransi Usaha Pertanian/ AUP.275 HA dan sedangkan Desa Wonorejo seluas 101,6 HA, yang masuk Asurasi Usaha Pertanian AGUS EDI SANTOSO.SP, menerangkan bahwa tinggal kesadaran para petani yang di tunggu Pemerintah, sebab biaya Asuransi cukup ringan, sebab dari perhektar hamparan persawahhan, bila ditanam padi hanya bayar pada pihak Asuransi sebesar Rp 36.000/ Ha, dengan subsidi dari Pemerintah sebesar Rp144.000/ Ha.

    ” Harapan saya pada seluruh petani di Kecamatan Pematang Bandar agar masuk dan mendaptarkan diri untuk masuk jadi anggota Asuransi Usaha Pertanian, dan agar seluruh PPL meganjurkan agar para petani sadar tentag ancaman tanaman padi di jaman Android ini,” ucapnya.|| WHBB.