Sumut

ASISTEN SDM : LIMBAH PKS AJAMU DINYATAKAN AMAN 

Labuhan Batu (SUMUT) – Mitra Simalungun, Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Ajamu merupakan salah satu unit usaha milik PT.Perkebunan Nusantara yang telah beroperasi sekian lama dan memiliki ijin pengolahan sawit serta limbah dari Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu.

Ijin yang dikeluarkan pihak BLH Kabupaten Labuhan Batu pun tentunya tidak serta merta dikeluarkan sebelum tim melakukan uji kelayakan bahwa limbah yang dapat dikeluarkan masuk dalam kategori aman bagi ekosistem disekitar.

Hal ini disampaikan Aulia Pakpahan Asisten SDM Umum dan Keamanan Kebun Ajamu PTPN 4 saat dimintai tanggapannya terkait limbah PKS ajamu yang dituding mencemari lingkungan pada, Rabu (06/06/2018).

Menurutnya, PKS Ajamu dalam pengolahan limbah yang dihasilkan dari sisa proses pengolahan kelapa sawit telah sesuai dengan peraturan menteri Lingkungan hidup dan badan lingkungan hidup Kabupaten Labuhan Batu hal ini dapat dilihat dari adanya kolam pendinginan C, supaya proses pengolahan limbah cair kelapa sawit mempunyai temperatur atau suhu 75 hingga 90°C, Kolam pengasaman.

” Bahkan kita juga ada Kolam pembiakan bakteri. Di tahap ini terjadi proses pembiakan bakteri yang fungsinya membentuk gas karbon dioksida, methana serta pH yang meningkat. Proses mulai dari pembiakan bakteri sampai limbah siap diaplikasikan membutuhkan waktu antara 30 hingga 40 hari lamanya.” Kata Aulia pakpahan.

Ketiga hal ini lah yang menjadi alasan bahwa limbah yang dialirkan ke badan air  masuk dalam kategori limbah aman yang tidak mencemari apalagi sampai meracuni mahluk hidup sekitar.

” Sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan hidup kita merasa agak sedikit resah juga saat ada kabar miring bahwa kita membuang limbah beracun ke aliran sungai barumun sehingga beberapa hari lalu kami mendatangi BLH Labuhan Batu untuk berkordinasi terkait hal itu, dan hasil kordinasi kita dinyatakan limbah kita termasuk limbah aman karena sudah melalui beberapa proses”penjelasan Asisten SDM Kebun Ajamu ini.

” Land Aplication kita masih dalam proses pengurusan perizinan, sehingga untuk sementara waktu kita alirkan limbah kita ke badan air “.Tandasnya.

Ia juga menambahkan, alasan pihaknya mengalirkan limbah aman itu ke badan air juga atas perizinan yang dikeluarkan.

Tidak hanya itu, Aulia juga mengatakan bahwa selama ini warga Teluk Sentosa yang dikabarkan resah dengan adanya PKS Ajamu dapat dipastikan tidak benar, pasalnya sampai saat ini tidak ada masyarakat yang mengeluh dan keberatan terlebih lagi PTPN 4 kebun Ajamu selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar dan masyarakat Teluk Sentosa.|| rel.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top