Asik..!! PENSIUNAN PNS BATU BARA BISA KREDIT Rp. 100 JUTA DENGAN TENOR...

Asik..!! PENSIUNAN PNS BATU BARA BISA KREDIT Rp. 100 JUTA DENGAN TENOR 12 TAHUN

by -
0 3
Mitra Simalungun : Liputan Berita Terpercaya

Photo: Sewaktu Program Kredit Pensiunan PNS dari Bank Sumut Cabang Limapuluh‎ disosialisasikan.

 

Limapuluh – Mitra Simalungun, Asik..!! Para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS -red) khususnya di lingkungan kerja pemkab Batu Bara yang akan dan sudah memasuki masa purna bakti alias pensiun, kabarnya masih dan tetap akan bisa menikmati fasilitas bantuan kredit perbank-kan dari Bank Sumut cabang setempat, melalui program “Kredit Pensiunan”.

Jum’at (28/4) kepada Mitra, diungkapkan Kepala Cabang Bank Sumut Limapuluh Fadli melalui Kasi Operasionalnya Joko saat ditemui diruangan kerjanya. Dalam kesempatan itu, secara detail dijeaskan Joko bahwa besaran kredit yang bisa diajukan oleh para yang akan dan telah memasuki masa pensiun hingga sebesar Rp. 100 juta.

“Tenor atau masa cicilan kredit ini pun, bisa sampai 12 tahun. Tergantung golongan PNS terakhir si pemohon, dengan pola 40 persen dari besaran pinjaman yang diajukan dibagi gaji setelah pensiun, dan lalu dikalikan Tenor atau lamanya masa kredit. Tapi yang jelas bagi para PNS yang akan dan telah memasuki masa pensiun, silahkan datang ke Bank Sumut Cabang Limapuluh atau 4 Kantor Cabang Pembantu (KCP) kami”, bilang Joko.

“Masing-masing KCP kami berada di Kota Indrapura, Kec. Airputih. KCP Simpang Kopi, desa Simpang Kopi, Kec. Sei Suka, KCP Sei Langge, nagori Sei Langge, Kec. Bandar Masilam, kab. Simalungun dan KCP Tanjung Tiram, kec. Tanjung Tiram, Batu Bara. Disitu nanti akan dijelaskan secara rinci, sistem kredit serta besaran pinjaman yang memungkinkan untuk disetujui”, terangnya.

Dikatakan Joko pula, sebelumnya pihak Bank Sumut Cabang Limapuluh telah melaksanakan kegiatan pembekalan guna memberikan gambaran persiapan kepada para PNS yang akan memasuki masa pensiun. Sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Fadli selaku Kepala Bank Sumut Cabang Limapuluh, mengajak agar para PNS yang akan dan telah memasuki masa pensiun, teta bisa memberikan kontribusi secara produktif bagi perekonomian daerah walaupun nantinya telah menjalani masa purna bakti.

Menurut Joko, bahwa Bank Sumut sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMN), dimana pemegang sahamnya terdiri dari Pemerintah Kabupaten/Kota Sumatera Utara senantiasa berupaya menjadi partner dalam rangka membangun perekonomian daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Oleh karenanya, wajar bila Bank Sumut kemudian memfasilitasi kegiatan produktif untuk para pensiunan di Bank Sumut yang memiliki system kredit yang diperuntukkan khusus bagi pensiunan. Joko pun mengatakan nama produk tersebut adalah kredit pensiun. Produk kredit pensiun Bank Sumut sendiri memiliki persyaratan yang diperuntukkan khusus untuk pensiunan, dengan tingkat suku bunga yang sangat bersaing dengan bank lain.

“Sampai pada Tahun 2017, jumlah penerima kredit pensiunan di Bank Sumut ada 3.761 orang, dengan total outstanding Rp.206 milyar. Dengan dukungan jaringan unit kantor berjumlah 149 unit konvensional kami optimis Bank Sumut dapat menjadi ujung tombak dalam penyaluran kredit pensiun dan peningkatan jumlah pensiunan yang dilayani pembayaran pensiunnya melalui rekening Bank Sumut”, ucap Joko.

Sedang dalam kesempatan ini, Bank sumut cabang Limapuluh pun bekerja sama dengan badan kepegawaian daerah (BKD) yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru se Kec.Talawi, Kab.Batubara, sosialisasi Kredit Pra-Pensiun guru-guru PNS se-Batubara.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab.Batubara Saud Sihaan SE.MM mengatakan, bahwa program Bank Sumut ini sangat tepat dilakukan bagi PNS yang sudah memasuki masa pensiun nantinya. “Program seperti itu pasti sangat membantu para PNS, dan hal tersebut salah satu solusi cerdas bagi para pensiunan, namun setiap pegawai pensiunan tetap harus pandai mengatur keuangannya di masa purna bakti”, kata Saut. (Bima).