Tapteng-Sibolga

Apel Kesadaran Nasional, ASN, THL, Asisten dan Staf Ahli Sibolga Tes Urin Dadakan

IBOLGA – Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PNS dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga ikuti apel kesadaran nasional, yang dilaksanakan di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga,  Senin (18/9) pagi.

Apel kesadaran di pimpin langsung Wali Kota Sibolga H.M Syarfi Hutauruk.

Upacara apel kesadaran ini yang merupakan program rutin Pemko Sibolga yang di laksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya, turut dihadiri Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Sekda Drs. M. Sugeng, Asisten I dan II Josua Hutapea dan Juneidi Tanjung, Staf Ahli Drs. Yasman, serta pimpinan OPD Kota Sibolga, Camat, Lurah dan para Kepling se-Kota Sibolga. dengan tingkat kehadiran ASN yang mengikuti apel kesadaran ini terbilang meningkat.

Dalam arahannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, M.M pada kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa dirinya menginginkan agar seluruh pimpinan OPD memperhatikan dengan serius pola dan tingkah laku pegawai yang sering tidak berada di tempat saat jam kerja. Ia mengaku masih menemukan ASN dan THL hanya terlihat saat apel pagi dan sore saja, namun saat jam kerja tidak terlihat sama sekali.

Ia juga mengingatkan pegawai jajaran Pemko Sibolga untuk jangan sekali kali terlibat dalam praktik-praktik korupsi dan pencaloan. Ia berharap kinerja ASN Kota Sibolga semakin baik dan tidak mengurusi persoalan yang bukan menjadi tanggungjawabnya.

Syarfi mengatakan sering mendengar keluhan warga, dimana ASN terlihat langsung dalam berbagai pencaloan, seperti urusan tanah, izin dan lain sebagainya. Ia mengingatkan Indonesia saat ini sudah berubah, oleh karena itu setiap pegawai diharapkan mengubah pola pikirnya.

“Saya harap ASN dapat bekerja dengan baik, yaitu bekerja secara cerdas dan bertanggungjawab, sehingga cara kita dalam bekerja bermanfaat untuk keberhasilan tupoksi di instansi masing-masing, dan tugas pelayanan publik yang prima tentunya harus mengikuti perubahan karakter yang sudah menjadi program nasional,” ujarnya.

Selain melaksanakan apel kesadaran nasional, di kesempatan ini, Wali Kota Sibolga menyampaikan diakhir arahannya, bahwa usai pelaksanaan apel, akan dilangsungkan tes urine kepada seluruh ASN Pemerintah Kota Sibolga terkhusus bagi para ASN laki-laki.

Tes urine yang kali ini dilaksanakan terbilang berbeda, dadakan, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dan bekerjasama langsung dengan Kepolisian Resort (Polres) Sibolga dengan dipantau langsung oleh Kapolres Sibolga. Tidak satupun ASN pria yang dapat mengelak. Sebelum tes dilaksanakan ASN wanita dipersilahkan meninggalkan lokasi upacara.

Sebelum diserahkan kepada petugas penguji dari Polres dan Dinas Kesehatan Sibolga, satu per satu peserta tes diperkenankan mengambil sampel urine masing-masing di toilet yang disiapkan. Kemudian memberikan urinenya masing-masing kepada petugas yang di siapkan dari personil Satnarkoba Polres Sibolga.

Dikatakan Wali Kota, pemeriksaan urin ini merupakan bagian dari komitmen pemberantasan penyalahgunaan narkoba di seluruh elemen masyarakat. Mengingat kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Sibolga sendiri cukup tinggi. Dia juga mengatakan, dirinya beserta Wakil Wali Kota, Sekda, para Asisten, dan Staf Ahli juga turut dilakukan pemeriksaan urine.

Dari 29 pejabat OPD yang dilakukan pemeriksaan tes urine, tidak ada satupun yang terindikasi pemakai narkoba.

Begitu juga hasil tes urine dari Wali Kota Sibolga, Wakil Wali Kota,  Sekda, para Asisten, dan Staf Ahli.

Kapolres Kota Sibolga AKBP Benni Hutajulu SIK, di sela-sela kegiatan ini mengatakan, bahwa sifat pemeriksaan ini dilakukan dadakan, dan dirinya mengapresiasi Wali Kota Sibolga yang telah mau membantu pihak Polres Sibolga untuk memberantas penanggulangan narkoba di Pemerintah Kota Sibolga.

“Hari ini kita lakukan tes urine untuk laki – laki saja, dikarenakan tahun lalu sudah kita lakukan tes urine untuk semua ASN Pemerintah Kota Sibolga, semua negatif, tidak ada yang menggunakan narkoba, jadi hari ini kita lakukan kepada laki – laki saja,” pungkasnya.

Dari hasil tes tersebut, diketahui, bahwa seluruh ASN laki-laki peserta apel yang mengikuti pemeriksaan urine, semuanya negatif terindikasi narkoba. Dan direncanakan pada hari ini, Selasa (19/9) akan dilakukan tes urine bagi ASN Pemerintah Kota Sibolga yang tidak hadir pada kesempatan tersebut.

“Pemeriksaan urine akan kembali dilakukan esok di aula Gedung BKPP Sibolga bagi yang belum mengikuti, tanpa terkecuali dan dengan alasan apapun, para ASN yang belum mengikuti tes, wajib mengikuti, karena semua sudah di data,” kata Wali Kota Syarfi Hutauruk mengakhiri kegiatan tersebut.

“Horas M.Htg”

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top