Simalungun-Siantar

Afdiling I PTPN4 Kebun Dolok Ilir Tanam Perdana

Simalungun (Mitra Simalungun) – Afdiling I PTPN4 Unit Kebun Dolok Ilir laksanakan Tanam Perdana Tanaman Ulang (TU) seluas 331 Ha, Kamis (08/11 – 2018), sekira jam 10.00 Wib.

Pelaksanaan Tanam Perdana Tanam Ulang tersebut dihadiri, DirOps PTPN4, Kabag Tanaman, Meneger Laras, Meneger PKS Dolok Ilir, Seluruh Muspika, dan Pangulu Nagori sekitar kebun.

Meneger Kebun Dolok Ilir Erwin Panggabean mengatakan,” Tahun ini dolok ilir melaksanakan Tanaman Ulang (TU), seluas 331 Ha, dimulai dari proses tumbang, meluku I dan II dengan mengunakan sistim tanam Holdiger,” ujar Panggabean.

” Kami tentunya berusaha tanaman ini dapat menjadi TBM yang prima, dengan melakukan pemeliharaan yang benar, serta menjaga kesuburan tanah, yang nantinya dapat menghasilkan Produksi diatas 21 Ton/Ha/tahun ditahun ke 3,” ujarnya.

Camat Kecamatan Dolok Batu Nanggar Susilo dalam sambutannya mengatakan,” Selamat dan sukses atas tanam perdana (TU), semoga hasil yang diharapkan dapat tercapai, yang akan mensejahterakan karyawan, dan tentunya berdampak kepada ekonomi masyarakat, karna bila perusahaan sehat maka masyarakat juga akan mendapat manfaatnya,” ucap Susilo.

Sementara Kabag Tanaman Ir. Amrin Pane mengatakan,” Saya ingin bernostalgia sedikit, bahwa yang ditanam Dolok Ilir ini seluas 331 Ha masih 11% dibanding dengan TU 2016 seluas 3060 Ha. Tentunya keberhasilan TBM harus didukung oleh semua Tim, bukan hanya Meneger saja, diharapkan juga di tahun produksinya sudah keluar bila dilihat bibit yang ditanam, saat ini kita tidak bangga lagi dengan tanaman yang menghasilkan Umur 3 Tahun dan 15 ton/Ha, karena sudah banyak perusahaan swasta yang sudah maju, bahkankan sudah bisa 21Ton/ Ha,” tukasnya.

” Saya yakin bila pemeliharaan dilakukan dengan benar, maka produksi yang ingin diraih pasti tercapai,” ujarnya.

Dikatakannya,” Kepada muspika, saya harapkan dapat bekerja sama dengan baik, dalam mengantisipasi problem ternak dengan menghimbau kepada warganya agar tidak mengembalakan ternaknya dengan liar Di areal TBM”, Harapnya.

Sementara DirOps Rediman Silalahi mengatakan,” Kami datang untuk kesekian kali kami menghadiri tanam perdana di Dolok Ilir ini, hari ini saya bangga dan bahagia betapa hijaunya bibit kita kali ini, mudah – mudahan setelah ditanam, dirawat dapat tumbuh tegak berseri-seri. Menghasilkan buah yg banyak dan minyak yang tinggi juga,” ucapnya.

“Kami berharap Asset ini dapat dijaga dengan baik, agar PTPN4 dapat berkontribusi terhadap negara. Kami sangat mengharapkan dukungan Muspika untuk membantu perusahaan dalam berkomunikasi dengan Masyarakat, untuk menjaga PTPN 4 ini, tentunya dengan media juga kami berharap yang sama.|| Sab_Jun.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top